Ternyata Ini Penyebab Cat Dinding Tidak Rata dan Cara Mengatasinya!

    09 Januari 2024

    Cat Dinding Tidak Rata

    Di zaman ini, melakukan pengecatan pada hunian atau bangunan tertentu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Rumah yang dipoles menggunakan cat tentu akan terlihat lebih menarik dan fresh, apalagi Anda pandai mengkolaborasikan warna cat pada dinding hunian. 

    Mengecat dinding tanpa bantuan profesional sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun perlu kehati-hatian agar mendapatkan hasil yang sempurna. Karena, jika Anda memang belum berpengalaman atau baru pertama kali melakukan pengecatan, kemungkinan hasil pengecatan yang Anda lakukan juga kurang maksimal. 

    Nah, salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pemilik hunian adalah permukaan cat yang diaplikasikan tidak rata. Tentu kondisi seperti ini sangat mempengaruhi tampilan hunian Anda, bukannya tambah menarik cat yang tidak rata malah bikin hunian kelihatan aneh. Lalu apa sih penyebab cat dinding tidak rata? Nah, PaintPro akan membahas secara detail apa saja faktor yang menyebabkan cat dinding tidak rata, simak sampai habis yah?

    Ternyata Ini Penyebab Cat Dinding Tidak Rata dan Cara Mengatasinya!

    Kurang Persiapan

    Mengaplikasikan cat pada dinding tidak hanya sekedar main oles-oles saja. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya, membersihkan permukaan dinding, menghaluskan permukaan dinding hingga memperbaiki bagian dinding yang retak atau  rusak. 

    Jika Anda tidak melakukan persiapan ini, tentu hasil cat yang Anda aplikasikan akan kelihatan kurang rapi. Apalagi jika dinding yang ingin Anda cat tidak diamplas sebelumnya, hal ini bisa menyebabkan permukaan cat jadi retak atau terkelupas.

    Baca Juga : 12 Rekomendasi Warna Cat Rumah Sederhana Tapi Mewah yang Bisa dicoba!

    Proses Pengecatan Tidak Maksimal

    Pengecatan yang tidak dilakukan dengan baik dapat menyebabkan permukaan cat tidak rata karena cat yang tidak merata akan mengering dengan tidak merata pula. Hal ini dapat terjadi jika pengecatan dilakukan dengan tempo yang terlalu cepat atau terlalu lambat, atau jika cat yang digunakan terlalu kental atau terlalu encer. 

    Selain itu, jika kuas atau roll yang digunakan tidak dibersihkan dengan baik atau digunakan secara tidak tepat, hal ini juga dapat menyebabkan cat tidak merata pada permukaan dinding. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecatan dengan baik dan menggunakan alat yang tepat untuk memastikan hasil yang merata.

    Memilih Cat yang Kurang Berkualitas

    Pesatnya pembangunan saat ini membuat banyak perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi menciptakan produk yang lebih unggul, baik dari segi kualitas hingga harga. Salah satu bahan material yang sering digunakan untuk proyek konstruksi adalah cat.

    Cat juga menjadi produk yang memiliki banyak varian dan tipe. Jika Anda ingin melakukan pengecatan, penting untuk menggunakan produk cat yang berkualitas. Pemilihan cat yang kurang tepat dapat menyebabkan warna pengecatan tidak rata atau tidak sesuai dengan permukaan yang akan dicat.

    Teknik Pengecatan yang Kurang Tepat

    Teknik pengecatan yang kurang tepat juga dapat menghasilkan ketebalan cat yang tidak merata. Kondisi ini biasanya terjadi karena cat yang Anda oleskan terlalu tebal atau terlalu tipis di beberapa bagian. Ketebalan yang tidak merata dapat menciptakan perbedaan warna dan tekstur pada permukaan dinding. 

    Jadi sebelum melakukan pengecatan, sebaiknya pelajari dulu teknik dan cara mengecat dinding yang tepat atau jika Anda tidak ingin mengambil risiko, sebaiknya gunakan vendor yang menyediakan jasa pengecatan. Mereka tentu lebih paham mengaplikasikan cat dengan tepat. 

    Baca Juga : Cara Mengecat Ulang Tembok yang Sudah Mulai Kusam dan Terkelupas!

    Tidak Membersihkan Permukaan Dinding

    Dinding merupakan bagian yang sangat rentan terhadap kotoran dan kelembaban. Dinding yang sering terpapar kelembaban juga lebih mudah ditumbuhi oleh jamur yang dapat merusak struktur permukaan dan material yang digunakan pada dinding.

    Nah, perlu Anda ketahui daya rekat cat akan berkurang ketika diaplikasikan pada dinding yang masih kotor. Kondisi inilah yang menyebabkan warna dan ketebalan cat kelihatan tidak rata. 

    Cara Mengatasi Cat Dinding Rumah Tidak Rata

    Untuk mengatasi cat dinding rumah yang tidak rata, Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut.

    Lapisi dinding sebelum pengecatan akhir

    Salah satu cara terbaik untuk memastikan penyerapan cat merata adalah dengan melapisi dinding sebelum pengecatan akhir. Hal ini akan membantu mencegah munculnya pori pada dinding dan memastikan cat merata dengan baik.

    Membersihkan lapisan cat

    Jika dinding rumah Anda sebelumnya pernah di cat, pastikan untuk membersihkannya, gunakan cairan khusus atau amplas untuk mempercepat proses pembersihan cat.  Setelah dibersihkan, gunakan cat dasar sebagai lapisan pertama pada dinding rumah Anda.

    Pilih cat yang tepat

    Pilih cat yang sesuai dengan jenis dan kondisi permukaan dinding yang akan dicat. Cat yang tepat akan menghasilkan hasil yang maksimal dengan ketebalan yang merata. 

    Baca Juga : 8 Penyebab Cat Tembok Mengelupas yang Bisa Memperburuk Tampilan Rumah

    Menggunakan kuas roll

    Jika Anda ingin menggunakan kuas roll untuk pengecatan, pastikan untuk menggunakannya dengan baik. Kuas roll dapat menghasilkan cat yang lebih merata dan rata dibandingkan dengan cat dasar.

    Pastikan Kekentalan Cat Sesuai

    Cat yang terlalu encer atau terlalu kental dapat menyebabkan warna pengecatan tidak rata.Untuk itu pilihlah cat yang memiliki kualitas dan kekentalan yang tepat untuk dinding rumah Anda.

    Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat mengatasi cat dinding rumah yang tidak rata dan mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal dengan ketebalan yang merata. Itulah beberapa penyebab cat dinding rumah tidak rata dan cara mengatasinya. Oh iya buat Anda yang sedang mencari produk cat berkualitas dengan harga terjangkau Anda bisa menggunakan produk cat dari Paintpro. Selain tahan lama, warna yang dihasilkan dari cat Paintpro juga lebih cerah yang membuat tampilan rumah Anda jadi lebih menarik. Untuk info pemesanan, Anda bisa konsultasi melalui laman website ini.

    Tanya #PalingPro