8 Penyebab Cat Tembok Mengelupas yang Bisa Memperburuk Tampilan Rumah

    14 Juli 2023

    Cat tembok yang mengelupas sebenarnya menjadi hal yang biasa terjadi ketika usia pemakaian cat yang digunakan sudah terlalu lama. Namun, apa jadinya jika cat yang Anda gunakan baru saja diaplikasikan, tentu saja masalah seperti ini tidak bisa dianggap sepele, rumah yang sebelumnya didesain dengan mewah akan terlihat kurang menarik jika ada bagian cat yang terkelupas.

    Cat yang terkelupas juga membuat dinding rumah rentan terhadap paparan sinar matahari, air hujan, angin, dan kelembaban yang dapat mengakibatkan kerusakan struktural pada dinding. Selain itu, tanah, debu, atau kotoran juga lebih cepat menempel pada permukaan cat rumah yang terkelupas. Nah, melalui artikel ini akan dibahas delapan penyebab umum cat tembok mengelupas dan cara mengatasinya simak sampai habis yah.

    8 Penyebab Cat Tembok Rumah Mengelupas

    Selain usia pemakaian, berikut delapan faktor yang  wajib Anda ketahui menjadi penyebab cat tembok rumah cepat mengelupas.

    Tembok Rumah Lembab

    Tembok yang terlalu sering terpapar hujan atau sinar matahari biasanya lebih lembab, apalagi jika ventilasi rumah Anda buruk.  Kondisi ini terjadi karena lokasi rumah yang Anda bangun memiliki curah hujan dan tingkat kelembapan yang tinggi. 

    Sebagai informasi, umumnya cat yang sudah diaplikasikan pada tembok atau dinding rumah, biasanya sangat rentan terhadap kelembaban karena bisa membuat warna cat cepat memudar dan mengelupas. Namun, tidak usah khawatir selama proses pengecatan yang Anda lakukan tepat dengan kondisi tembok yang baik, daya rekat cat tetap bisa dipertahankan.

    Salah Memilih Cat

    Ada banyak produk cat tembok yang dijual bebas dipasaran, mulai dari merek terbaik hingga yang biasa. Namun perlu digaris bawahi, tidak semua produk cat yang dijual memiliki kandungan atau zat yang sama. Jadi, disinilah tugas Anda sebagai konsumen untuk lebih cermat memilih produk cat yang benar-benar berkualitas.

    Misalnya, jika Anda ingin mengecat ulang tembok bagian luar atau dalam rumah pastikan cat yang Anda gunakan mengandung zat yang tahan terhadap cuaca. Karena penggunaan cat yang tidak cocok untuk permukaan tembok tertentu dapat menyebabkan cat cepat mengelupas.

    Permukaan Tembok Tidak Memadai

    Di artikel yang lain, Paintpro sudah pernah membahas bagaimana tutorial mengecat dinding rumah yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang sempurna. Nah, salah satu hal yang sering dianggap sepele adalah tidak memperhatikan permukaan tembok sebelum mengaplikasikan cat.

    Jika permukaan tembok tidak dibersihkan dari debu dan kotoran sebelum proses pengecatan atau lapisan cat yang lama tidak dibersihkan maka cat yang Anda aplikasikan tidak akan melekat dengan baik.

    Pengeringan yang Tidak Sempurna

    Selain tidak memperhatikan permukaan tembok, salah satu kelalaian yang masih sering dilakukan adalah mengaplikasikan cat akhir pada permukaan dinding yang baru saja menggunakan cat dasar alias belum kering sepenuhnya.

    Perlu diingat, penggunaan cat dasar ini dapat meningkatkan daya rekat antara permukaan dinding dan cat yang akan diaplikasikan untuk mengurangi risiko mengelupas sehingga menjadikan warna jadi tahan lama. Jika cat dasar tidak 

    mengering sepenuhnya sebelum lapisan cat lain diterapkan, hal ini dapat menyebabkan cat cepat mengelupas.

    Pengaplikasian Cat yang Tidak Maksimal

    Perlu diketahui sebelum memulai proses pengecatan, Anda harus memastikan cat yang nantinya akan diaplikasikan sudah memiliki kekentalan yang pas dengan penggunaan campuran cat yang sesuai. Penggunaan cat yang terlalu encer sangat tidak dianjurkan karena sangat rentan terhadap sinar UV dan kelembaban. Kondisi ini tentu dapat membuat cat lebih mudah pudar, terkelupas dan rusak.

    Memoles kuas atau roller cat dengan cara berlebihan juga menyebabkan warna dan hasil cat yang Anda peroleh kurang merata. Untuk itu cobalah menggunakan kuas atau roller dengan halus sesuai petunjuk penggunaan yang diberikan produsen.

    Pertumbuhan Jamur dan Lumut

    Tingkat kelembaban yang terlalu tinggi dapat memicu pertumbuhan jamur dan lumut yang ada di area sekitar tembok rumah Anda. Ruangan yang terlalu lembab biasanya disebabkan karena kondensasi, adanya kebocoran dan kurangnya ventilasi rumah. Semakin banyak jamur atau lumut yang tumbuh pada permukaan tembok rumah, semakin cepat juga cat yang Anda aplikasikan mengelupas dan rusak.

    Kontaminasi Bahan Kimia

    Cat tembok mengelupas juga bisa terjadi karena faktor internal, misal ada anggota keluarga Anda yang tidak sengaja menumpahkan bahan pembersih yang bersifat kimia ke tembok rumah, hal ini ternyata bisa membuat cat cepat rusak dan mengelupas.

    Penting untuk memahami penyebab dinding rumah Anda terkontaminasi bahan kimia agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan, menghilangkan, atau mengisolasi kontaminan tersebut.

    Benturan atau gesekan keras

    Selain terkontaminasi, faktor internal lain yang bisa membuat cat dinding mengelupas adalah karena terkena benturan atau gesekan keras.  Dinding rumah dapat terbentur atau tergores biasanya diakibatkan karena kegiatan sehari-hari yang melibatkan kontak fisik dengan dinding. 

    Misalnya, saat memindahkan perabotan, menggantung bingkai gambar dan lain sebagainya, atau saat anak-anak bermain di sekitar dinding. Jika terjadi kerusakan pada dinding, perbaiki secepat mungkin agar goresan tidak menyebar sehingga kerapian dan warna cat tembok rumah Anda tetap terjaga dengan baik. 

    Setelah Anda mengetahui penyebab cat tembok mudah mengelupas tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya agar masalah seperti ini tidak terjadi pada dinding rumah Anda, berikut ulasannya.

     Cara Memperbaiki Cat Tembok Rumah yang Terkelupas

    Jika tembok rumah Anda sudah terkelupas, satu-satunya cara yang bisa memperbaikinya adalah dengan melakukan pengecatan ulang, namun hanya pada bagian yang terkelupas saja. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

    Siapkan Peralatan

    Langkah pertama adalah siapkan peralatan yang nantinya Anda butuhkan mulai dari kain lap, kuas, pengikis cat (scraper), sikat kawat, kertas pasir, dan masker pelindung. Pastikan area sekitar yang akan dikerjakan sudah ditutup dengan plastik atau kain untuk melindungi perabotan dan lantai dari debu dan cat yang terkelupas.

    Kikis Bagian yang Terkelupas

    Karena tujuan Anda untuk memperbaiki cat yang terkelupas, pastikan sebelum melakukan pengecatan ulang, kikis dengan bersih bagian yang dinding yang terkelupas, agar nanti hasil cat yang Anda aplikan terlihat rapi.

    Gunakan pengikis cat atau scraper untuk mengikis lapisan cat yang terkelupas. Usahakan untuk mengikis hingga ke lapisan cat yang masih baik menempel pada tembok. Jika ada sisa-sisa cat yang menempel setelah pengikisan, gunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

    Amplas Bagian Tembok yang Terkelupas

    Proses pengikisan saja tidak cukup untuk memastikan bekas cat yang terkelupas bisa dicat kembali. Agar hasilnya nanti terlihat rata dan rapi Anda juga harus mengamplas bagian cat yang terkelupas.

    Gunakan kertas pasir dengan kehalusan yang sesuai (misalnya 120 atau 180 grit) dan amplas permukaan tembok secara merata. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghaluskan permukaan tembok dan membantu cat baru menempel dengan baik.

    Bersihkan Tembok yang Terkelupas

    Sebelum melakukan pengecatan ulang pastikan permukaan tembok sudah dibersihkan agar hasil cat yang Anda aplikasikan terlihat rapi dan bagus. Anda bisa gunakan kain lap yang lembab untuk membersihkan debu dan kotoran yang dihasilkan dari pengikisan.

    Proses Pengecatan

    Setelah permukaan tembok bersih dan halus, mulailah menerapkan cat baru dengan kuas atau rol cat yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Gunakan cat tembok yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan seperti produk cat dari Paintpro.

    Aplikasikan cat dalam beberapa lapisan tipis, dengan memberikan waktu pengeringan yang cukup antara setiap lapisan. Ikuti petunjuk dan rekomendasi dari produsen cat yang Anda gunakan.

    Setelah cat yang Anda aplikasikan sudah kering, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali. Jika ada bagian cat yang tidak rata Anda bisa melakukan sentuhan akhir dengan mengecat ulang bagian yang perlu diperbaiki.

    Nah, itulah penyebab dan cara memperbaiki cat tembok yang mengelupas. Sebagai pemilik rumah tentu informasi ini sangat membantu sekali. Oh iya buat Anda yang sedang mencari produk cat berkualitas dengan harga terjangkau Anda bisa menggunakan produk cat dari Paintpro. Selain tahan lama, warna yang dihasilkan dari cat Paintpro juga lebih cerah yang membuat tampilan rumah Anda jadi lebih menarik. Untuk info pemesanan, Anda bisa konsultasi melalui laman website ini.

    Tanya #PalingPro