Cara Mengecat Rumah Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna!

    14 Juli 2023

    Semua orang pasti menginginkan tampilan rumah yang terlihat menarik dan elegan baik dari sisi luar maupun sisi dalam. Nah, salah satu cara yang paling efisien untuk mengubah tampilan rumah selain renovasi adalah dengan mengecat kembali atau mengupgrade warna rumah.Pemilihan warna sangat menentukan daya tarik visual dari rumah tersebut, jadi pastikan kombinasi warna yang Anda pilih sudah sesuai.

    Selain itu, mengecat rumah juga bisa menjadi cara untuk mengekspresikan kreativitas dan gaya pribadi. Beberapa orang menikmati proses memilih kombinasi warna yang elegan dan menciptakan skema cat yang unik untuk mencerminkan kepribadian mereka.

    Sebenarnya Anda juga bisa mengecat rumah sendiri tanpa harus menyewa jasa tukang cat agar lebih hemat dalam hal biaya. Namun, Anda juga perlu tahu mengecat rumah itu tidak boleh sembarangan ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari agar hasil cat yang Anda lakukan mendapatkan warna yang sempurna.

    Nah, melalui artikel ini kita akan membahas dengan tuntas bagaimana cara mengecat rumah agar mendapatkan hasil yang sempurna khusus buat Anda yang masih pemula.

    Pastikan Peralatan Cat Sudah Tersedia

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses pengecatan mulai dari cat, bak cat, kaleng air, kuas, roller lakban, masking tape, koran, amplas, tangga, dempul dan lain sebagainya. Pastikan semuanya sudah tersedia dengan lengkap, tujuannya untuk menghemat waktu dan tenaga Anda agar tidak perlu repot lagi mencari alat  yang dibutuhkan ketika proses pengecatan sudah dimulai.

    Alat ini nantinya akan membantu dan memudahkan pekerjaan Anda saat proses pengecatan rumah berlangsung. Kemudian, Anda juga harus mengetahui fungsi dari masing-masing alat dan bahan tersebut. Misalnya masking tape, alat yang akan Anda gunakan untuk menutupi area diluar pengecatan agar tidak ternodai. 

    Periksa Kondisi Dinding Rumah

    Sebelum proses pengecatan, masih ada lagi yang harus Anda perhatikan, seperti memeriksa seluruh kondisi dinding rumah yang akan di cat. Cek apakah ada bagian dinding yang rusak atau bagian dinding yang sulit untuk dijangkau. 

    Nah, jika Anda menemukan masalah pada dinding rumah, misalnya ada bagian yang retak atau bolong segera lakukan perbaikan, supaya hasil pengecatan yang Anda lakukan nantinya terlihat maksimal. Paralel, di tahap ini Anda juga bisa memikirkan konsep dan kolaborasi warna yang akan Anda aplikasikan pada dinding rumah. 

    Bersihkan Seluruh Tembok yang akan di Cat

    Setelah Anda sudah melakukan pemeriksaan pada dinding rumah, langkah berikutnya adalah bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran, dan noda lainnya. Jika ada noda berat atau lapisan cat yang terkelupas, Anda bisa menggunakan spatula untuk mengikis permukaan.

    Jika dinding tidak dibersihkan dengan baik sebelum dicat, debu dan kotoran dapat mengganggu daya lekat cat pada permukaan. Kondisi ini tentu dapat mengakibatkan cat tidak menempel dengan baik atau tidak merata, sehingga warna yang dihasilkan juga akan terlihat kurang menarik. 

    Amplas Dinding yang Pernah di Cat

    Proses pengamplasan cat ini dilakukan untuk menghilangkan dan menghaluskan bekas cat lama yang sudah rusak agar nanti hasil warna cat yang sudah diaplikasikan terlihat menarik. Namun, jika dinding rumah Anda belum pernah dicat cukup dibersihkan saja dan tutup lubang atau retakan dinding seperti yang dijelaskan sebelumnya.

    Ambil amplas dengan ukuran yang sesuai (misalnya, 80 grit untuk cat yang tebal atau rusak, atau 120-220 grit untuk cat yang lebih halus). Kemudian amplas dinding dengan gerakan melingkar atau bolak-balik lakukan secara halus untuk mencegah dinding rusak. Amplas secara merata hingga lapisan cat yang lama atau rusak terkelupas dan permukaan dinding terlihat lebih halus.

    Tutup Bagian Dinding yang Tidak di Cat

    Proses selanjutnya sebelum memulai pengecatan jangan lupa untuk menutup bagian dinding yang tidak dicat misalnya jendela, pintu, plafon dan lain sebagainya. Gunakan tape agar hasil pengecatan yang Anda lakukan terlihat rapi dan bersih. Jangan lupa pastikan tape yang Anda gunakan sudah dirancang khusus untuk pengecatan dan dapat dilepaskan dengan mudah tanpa meninggalkan residu yang bisa merusak permukaan.

    Tempatkan tape pengecatan secara hati-hati di sepanjang garis yang ingin Anda lindungi. Pastikan tape menempel dengan rapat dan tegak lurus terhadap permukaan. Anda dapat menggunakan penggaris atau alat pengukur untuk membantu mendapatkan garis yang lurus.

    Pastikan tape ditekan dengan baik untuk mencegah cat masuk di bawah tape. Gunakan jari atau alat yang halus untuk menjepit tepi tape dengan kuat ke permukaan.

    Aduk Cat Dengan Beberapa Campuran

    Mengaduk cat salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan sebelum memulai proses pengecatan. Hal ini berguna agar cat yang Anda gunakan tidak menggumpal sehingga dapat memberikan warna dan hasil yang memuaskan. Adapun bahan yang harus Anda siapkan untuk proses mengaduk cat diantaranya ember untuk wadah cat, batang pengaduk, cat, pelarut cat jika dibutuhkan, air 10 % dari jumlah cat, sarung tangan dan kacamata untuk keamanan.

    Selama proses pengadukan berlangsung, pastikan cat sudah tercampur dengan baik dan tidak ada yang menggumpal. Jika cat yang Anda aduk terlalu kental tambahkan sedikit pelarut dan aduk kembali, sebaliknya jika terlalu encer tambahkan sedikit cat dan aduk kembali hingga mendapatkan kekentalan cat yang sempurna. tips agar warna dan hasil cat yang Anda gunakan terlihat menarik gunakan produk cat dari PaintPro rekomendasi merk cat terbaik, tahan lama dan ramah lingkungan.

    Cat Dinding Rumah Menggunakan Warna Dasar

    Jika Anda tidak punya waktu untuk mengamplas seluruh dinding rumah, cara paling efisien yang bisa dilakukan adalah menggunakan cat dasar. Selain berfungsi untuk menutupi bekas cat lama, warna dasar ini juga bisa membantu warna cat akhir menjadi lebih terang. 

    Penggunaan cat dasar ini juga bisa meningkatkan daya rekat antara permukaan dinding dan cat yang akan diaplikasikan. Ini memungkinkan cat akhir untuk menempel dengan lebih baik pada dinding dan mengurangi risiko mengelupas sehingga menjadikan warna jadi tahan lama.

    Proses Pengecatan Dinding Rumah

    Jika permukaan dinding yang ingin di cat seluruhnya sudah benar-benar bersih dan warna cat dasar juga sudah mengering, proses selanjutnya adalah pengecatan akhir. Pastikan lantai, perabotan dan benda-benda disekitar dinding yang akan dicat sudah dilindungi menggunakan kain atau plastik penutup agar tidak terkena percikan cat. 

    Ada dua alat yang bisa Anda gunakan untuk mengecat dinding rumah. Pertama roller yang dikhususkan untuk permukaan tembok yang besar, kedua kuas alat yang akan memudahkan Anda untuk menjangkau area yang lebih sempit agar mendapatkan hasil yang lebih rapi. Untuk caranya sendiri ambil cat secukupnya, usahakan mengecat dalam satu arah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan dan hindari gerakan bolak-balik. Ulangi langkah-langkah ini sampai seluruh area tertutup dengan baik, pastikan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

    Sentuhan Akhir

    Setelah proses pengecatan sudah selesai, periksa kembali hasilnya. Jika diperlukan, lakukan sentuhan akhir dengan mengecat ulang kembali pada bagian yang terlihat kurang rata atau tidak tertutupi dengan baik. Hal ini bertujuan agar hasil warna cat yang baru selesai Anda aplikasikan terlihat terang dan menarik.

    Setelah selesai, bersihkan semua peralatan pengecatan dengan air bersih atau sesuai petunjuk pada kemasan cat. Proses pembersihan ini sangat penting agar alat bekas pengecatan bisa digunakan kembali bila mana Anda memiliki rencana mengecat ulang tembok. Jangan lupa lepaskan semua tape yang Anda gunakan untuk menutup bagian sisi dinding yang tidak dicat.

    Nah, jika stok cat yang Anda gunakan masih ada yang tersisa agar tidak rusak Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menyimpan cat dinding yang tidak habis terpakai.

    Cara Menyimpan Sisa Cat yang Tidak Habis Terpakai

    Tutup rapat wadah cat 

    Sebagian pemilik rumah yang baru saja selesai melakukan pengecatan kadang lupa kalau karakteristik cat sangat mengeras jika tidak disimpan atau ditutup dengan baik.

    Untuk itu pastikan wadah cat yang berisi sisa cat ditutup dengan rapat. Pastikan penutupnya rapat sehingga udara tidak dapat masuk ke dalam wadah, agar tidak cepat kering dan beku cat.

    Bersihkan tepi wadah cat

    Tidak hanya sekedar menutup wadah cat, namun Anda juga harus memastikan tepi wadah sudah bersih dengan baik. Gunakan kain lap atau tisu basah untuk menghilangkan cat yang mungkin menempel pada bagian luar wadah. Ini akan membantu memastikan penutupan yang lebih baik dan mencegah kebocoran.

    Simpan di tempat yang tepat

    Tempatkan wadah cat yang tidak terpakai di tempat yang sesuai, seperti ruang penyimpanan yang kering dan sejuk.

    Hindari paparan langsung terhadap sinar matahari atau suhu yang ekstrem, karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas cat yang bisa menyebabkan pembekuan.

    Simpan informasi penting

    Pastikan untuk menyimpan informasi penting yang terkait dengan cat, seperti merek, tipe, warna, dan tanggal pembelian.

    Informasi ini nantinya sangat penting untuk Anda bilamana dikemudian hari ingin membeli cat dengan tipe dan warna yang sama agar tidak kebingungan.

    Cek masa simpan

    Cat memiliki masa simpan yang terbatas, terutama setelah dibuka. Periksa label pada kemasan cat untuk mengetahui masa simpan yang direkomendasikan oleh produsen. Jika cat sudah melewati masa simpannya, sebaiknya tidak menggunakannya lagi.

    Periksa konsistensi

    Sebelum menggunakan cat yang disimpan, periksa konsistensinya. Jika cat terlihat kental atau terdapat gumpalan, Anda dapat mencampurkannya kembali dengan hati-hati menggunakan pengaduk cat untuk meratakan konsistensinya.

    Uji cat sebelum penggunaan

    Sebelum memutuskan untuk menggunakan cat yang telah disimpan, lakukan uji coba kecil di permukaan yang tidak terlihat atau tidak terlalu penting untuk memastikan apakah cat masih dalam kondisi yang baik dan memberikan hasil yang diinginkan.

    Nah, itulah beberapa cara mengecat dinding rumah yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang sempurna dan bagaimana cara menyimpan sisa cat yang tidak habis terpakai. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dan saran yang diberikan oleh produsen cat yang Anda gunakan. Juga, selalu gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung saat bekerja dengan cat.  

    Jika Anda membutuhkan produk cat berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari cat pelapis hingga cat anti bocor, Anda bisa gunakan produk Paintpro solusi terbaik untuk dinding rumah Anda. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia yang memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk Paintpro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dan kandungan vocnya juga rendah.

    Tanya #PalingPro