Agar Hasilnya Maksimal, Begini Tips Mencari tukang cat rumah!

    08 Januari 2024

    tukang cat rumah
    tips mencari tukang cat rumah

    Rumah yang baru selesai dibangun mungkin kurang sempurna kalau belum melakukan pengecatan. Pemilihan warna yang tepat dapat membuat tampilan rumah jadi kelihatan lebih menarik. Selain itu, penggunaan cat juga berfungsi untuk melindungi permukaan dinding atau tembok agar terhindar dari kelembaban yang dapat merusak struktur bangunan.

    Nah, proses pengecatan sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, mencari tukang cat rumah perlu Anda pertimbangkan. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, untuk mendapatkan tukang cat rumah, sudah bisa Anda cari melalui Internet dan media sosial.

    Nah, yang sulit sebenarnya adalah mendapatkan tukang cat rumah yang benar-benar profesional. Namun, tidak perlu khawatir, melalui artikel ini PaintPro akan memberikan tips mencari tukang cat rumah yang sudah pro. Simak sampai habis yah!

    7 Tips Memilih cari tukang cat rumah yang Sudah Profesional

    Perhatikan Cat Rumah Tetangga

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih atau menggunakan jasa pengecatan adalah, perhatikan rumah tetangga Anda yang sudah pernah dicat. Analisa rumah mana yang memiliki warna dan penerapan cat yang paling sempurna. 

    Nah, selanjutnya Anda bisa konsultasi kepada pemilik rumah tersebut mengenai jenis cat yang digunakan, alat-alat apa saja yang dibutuhkan, vendor yang digunakan dan biaya yang disiapkan untuk mengecat rumahnya.

    Baca Juga : Cara Mengecat Rumah Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna!

    Minta Referensi Dari Teman atau Keluarga

    Jika Anda tidak menemukan pengaplikasian cat yang sesuai dengan referensi Anda, meminta saran dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa pengecatan rumah. Tanyakan vendor mana dulu yang digunakan, apa alasan dia menggunakan vendor tersebut dan seberapa puas dia dengan hasil dari cat yang diaplikasikan ke rumahnya. 

    Riset Melalui Internet

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, dizaman yang sudah serba digital saat ini untuk mencari tukang cat rumah sudah sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan internet atau media sosia dengan keyword cari tukang cat rumah terdekat, mesin pencari akan memberikan banyak pilihan yang bisa dijadikan referensi. Kemudian analisis satu persatu dan bandingkan tukang cat rumah mana yang menurut Anda paling sesuai.

    Analisa Portofolio Pekerjaan Sebelumnya

    Nah, jika Anda sudah berhasil menemukan beberapa vendor tukang cat rumah. Langkah selanjutnya adalah perhatikan portofolio yang pernah dikerjakan. Biasanya mereka akan menampilkan hasil kerjanya untuk menarik perhatian calon konsumen.  Nah, disini Anda tidak boleh langsung percaya, kalau mereka menerapkan alamat di setiap proyek yang pernah dilakukan, cobalah untuk mengeceknya secara langsung ke lokasi.

    Perhatikan  Layanan yang Disediakan

    Nah, untuk layanan sendiri sebenarnya hampir semua vendor melakukan pengecatan untuk semua bagian rumah, baik itu interior hingga exterior. Namun, tidak masalah juga jika Anda memang ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan yang disediakan. Misalnya, jika rumah Anda hanya memerlukan pengecatan pada satu ruangan saja,  tanyakan apakah sipenyedia jasa bersedia melakukan pengecatan pada bagian tertentu alias tidak menyeluruh.

    Biaya yang Ditawarkan

    Berikutnya langkah yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah masalah biaya. Pilih vendor yang sesuai dengan keuangan Anda saat ini. Memang benar, ada harga ada kualitas, tapi ini tidak selamanya bisa dibenarkan, apalagi saat ini Anda baru saja menghabiskan banyak anggaran untuk membangun rumah atau kebutuhan lainnya. Intinya sebisa mungkin pilih yang menawarkan harga terjangkau dengan kinerja yang cukup baik.

    Baca Juga : 7 Cara Membersihkan Cat Dinding yang Kotor, Dijamin Lebih Aman

    Sistem Pembayaran

    Hingga saat ini proyek yang berhubungan dengan konstruksi, baik itu pembangunan, renovasi maupun pengecatan biasanya menyediakan dua sistem pembayaran, borongan atau harian. Nah, apa itu sistem borongan? Sistem pembayaran yang dilakukan sekali dari awal proyek hingga selesai, simpel nya mirip-mirip kontrak. Sedangkan sistem harian adalah upah yang diberikan secara bertahap.

    Perlu diketahui, sistem pembayaran borongan biasanya digunakan oleh vendor  untuk mengerjakan proyek berskala besar, sementara untuk proyek dengan skala kecil, sistem pembayaran yang sering diterapkan adalah harian atau berkala. Nah, Anda bisa menentukan sistem pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini. 

    Oh iya, buat Anda yang berencana melakukan pengecatan rumah yang bisa menutupi permukaan tembok dengan baik, Anda bisa menggunakan produk cat dari PaintPro. Ada berbagai pilihan warna yang bisa digunakan untuk memperindah hunian atau rumah Anda. Cat PaintPro juga diformulasikan dengan teknologi terkini, harganya juga terjangkau dengan kualitas yang tahan lama serta sangat aman bagi kesehatan dan lingkungan.

    Tanya #PalingPro