7 Cara Membersihkan Cat Dinding yang Kotor, Dijamin Lebih Aman

    05 Januari 2024

    Dinding kotor sebenarnya hal yang umum dirasakan oleh pemilik rumah, faktor penyebabnya juga beragam bisa karena kondisi bangunan yang jarang ditempati sehingga memicu debu dan kotoran menempel ke permukaan dinding. Ada juga karena faktor lingkungan, misalnya karena percikan air hujan yang dapat memaksa partikel tanah naik dan menempel di permukaan dinding.

    Meskipun banyak produk pelapis dinding yang tahan akan kelembaban, kotoran yang menempel pada dinding tetap harus dibersihkan sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk menjaga cat yang diaplikasikan tidak pudar atau terkelupas. Permukaan cat yang rusak atau pudar tentu akan membuat tampilan rumah terlihat kurang menarik. 

    Selain karena faktor eksternal, aktivitas yang dilakukan di dalam rumah juga bisa mempengaruhi dinding cepat kotor lho. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa aktivitas yang berpotensi membuat permukaan tembok cepat kotor.

    Merokok : Selain tidak bagus untuk kesehatan, merokok di dalam rumah juga dapat meninggalkan residu dan noda pada dinding yang mengakibatkan dinding cepat kotor dan berwarna kuning.

    Memasak : Uap yang dihasilkan dari kegiatan memasak dapat menyebabkan deposit minyak dan lemak pada dinding di sekitar dapur.

    Aktivitas Anak : Anak-anak yang berada diluar pengawasan orang tuannya, sering kali melakukan kegiatan random sebagai wadah bermainnya dengan mencoret dinding rumah. 

    Kurangnya Ventilasi : Ventilasi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan debu dan kotoran di dalam rumah, yang akhirnya dapat menempel pada dinding.

    Nah, itulah beberapa faktor internal yang dapat mempengaruhi dinding rumah Anda cepat kotor. Buat Anda yang kebingungan bagaimana cara membersihkan tembok rumah tanpa merusak permukaan cat, disini PaintPro akan membagikan tipsnya secara kompleks, simak sampai habis yah.

    7 Cara Membersihkan Cat Dinding yang Kotor, Dijamin Lebih Aman

    Membersihkan dinding rumah yang kotor tanpa merusak permukaan cat, perlu dilakukan dengan hati-hati dan metode yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

    Gunakan Kain Lembut Atau Spons

    Jika noda atau kotoran yang menempel pada dinding rumah Anda hanya berupa debu dan kotoran kecil saja, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain lembut atau spons yang sudah dibasahi sebelumnya. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan sedikit deterjen pada air rendaman kain lap atau spons. Kemudian usap perlahan sampai kotorannya hilang dan bilas menggunakan air bersih.

    Salah satu penyebab dinding berdebu, selain karena jarang ditempati, penggunaan ventilasi yang buruk di dalam ruangan juga  dapat menyebabkan debu menumpuk pada dinding. Udara yang tidak beredar dengan baik dapat menyebabkan partikel debu mengendap di permukaan dinding.

    Gunakan Alat Pembersih Vacuum

    Selain digunakan untuk membersihkan perabotan rumah, seperti sofa, karpet atau springbed. Vacuum juga bisa Anda gunakan sebagai referensi selanjutnya untuk menghilangkan debu dan kotoran kecil yang mungkin menempel pada dinding rumah Anda. 

    Salah satu keuntungan menggunakan alat ini karena sudah dilengkapi dengan sikat atau penyedot yang dapat membantu Anda membersihkan permukaan atau sudut dinding yang sulit dijangkau. Jadi gunakan alat ini untuk membuat pekerjaan Anda jadi lebih efisien. 

    Campurkan Baking Soda Dengan Air

    Baking soda, atau natrium bikarbonat sejak dulu sudah sering digunakan untuk membersihkan dinding yang kotor. Karena sifatnya yang lembut, baking soda mampu menghilangkan noda membandel pada dinding tanpa merusak permukaan cat.

    Keunggulan lainnya adalah baking soda juga bersifat penghilang bau. Jadi, ketika digunakan pada noda yang mungkin terkait dengan bau tertentu, baking soda dapat membantu mengatasi masalah bau tersebut.

    Gunakan Air Cuka

    Meskipun cuka biasanya digunakan untuk bahan atau bumbu masakan. Zat yang terkandung di dalam air cuka ternyata bisa lho dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Nah, cara menggunakannya juga simple banget, Anda hanya perlu menampurkan cuka dengan air bersih dengan perbandingan 1:1. Lalu rendam spons atau kain kedalam air cuka untuk selanjutnya diusapkan pada bagian permukaan dinding yang kotor kemudian bilas menggunakan air bersih.

    Selain ampuh untuk membersihkan noda dan partikel yang lebih halus, air cuka juga ampuh merontokkan noda membandel dan yang sudah berkerak. Cara ini bisa Anda manfaatkan jika alat dan bahan yang disebutkan sebelumnya tidak Anda temukan.

    Gunakan Sabun Cuci Piring

    Nah, cara selanjutnya malah lebih mudah lagi, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetesan air sabun ke dalam ember yang sebelumnya sudah diisi dengan air bersih. Aduk air hingga menghasilkan busa,  lalu rendam kain  yang nantinya akan Anda gunakan untuk melap bagian permukaan dinding yang kotor.

    Setelah Anda merendam kain lap tersebut, supaya tidak terlalu lembab saat diusapkan pada dinding, jangan lupa untuk mememerasnya terlebih dahulu. Agar hasil pembersihan yang Anda lakukan lebih maksimal, usap bagian atas dinding terlebih dahulu lalu  kemudian ke bagian bawah. Jika semua kotoran pada dinding sudah bersih, lanjut untuk membilasnya menggunakan air bersih. 

    Gunakan Pasta Gigi

    Meskipun pasta gigi tidak dirancang khusus untuk membersihkan permukaan dinding, beberapa orang mengklaim bahwa pasta gigi memiliki kandungan dan sifat pembersihan yang dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran tertentu. Pasta gigi juga mengandung bahan pemutih seperti hydrogen peroxide yang dapat membantu menyamarkan noda kusam pada dinding rumah Anda.

    Nah, sebelum menggunakan pasta gigi untuk membersihkan dinding secara menyeluruh, sebaiknya lakukan uji coba pada area kecil dan tidak terlihat untuk memastikan bahwa pasta gigi yang Anda gunakan tidak merusak atau merubah warna cat pada dinding.

    Gunakan Penghapus Karet Untuk Noda Coretan Pensil

    Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, anak yang berada di luar pengawasan orang tua, biasanya melakukan kegiatan yang random untuk sarana tempat bermainnya. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah dengan mencoret dinding rumah. Nah, untuk membersihkannya sekarang Anda tidak usah khawatir, gunakan penghapus karet jika coretan dinding tersebut berasal dari pensil. 

    Namun, jika noda coretan dari pulpen, Anda bisa membasahi kain lembut dengan alkohol isopropil dan gosok perlahan pada noda pulpen. Pastikan untuk melakukan uji coba pada area kecil dan tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bahwa alkohol tidak merusak cat dinding.

    Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dinding rumah yang kotor. Pastikan menggunakan cara yang tepat sesuai dengan noda yang menempel pada dinding. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membersihkannya, PaintPro juga akan memberikan tips bagaimana cara menjaga dinding rumah agar tetap bersih.

    Tips Menjaga Dinding Rumah Agar Tetap Bersih

    Rutin Membersihkan Debu dan Kotoran : Lakukan pembersihan rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang dapat menempel pada dinding. Gunakan kain lembut atau spons bersih untuk membersihkan permukaan dinding secara berkala.

    Hindari Merokok di Dalam Ruangan : Asap rokok dapat meninggalkan residu yang menempel pada dinding dan membuatnya cepat berdebu. Hindari merokok di dalam ruangan untuk menjaga dinding tetap bersih dan mencegah pembentukan lapisan kotoran.

    Atur Ventilasi dengan Baik : Pastikan ventilasi di rumah berfungsi dengan baik. Udara yang bersirkulasi dengan baik membantu mengurangi penumpukan debu dan kotoran di dinding. Bersihkan dan perbaiki sistem ventilasi secara teratur.

    Hindari Coretan atau Tumpahan : Hindari kebiasaan menorehkan atau mencoret-coret dinding, terutama jika menggunakan bahan yang sulit dihapus. Segera bersihkan tumpahan atau noda yang mungkin terjadi dengan bahan yang sesuai untuk mencegah permanen.

    Gunakan Peralatan Pembersih yang Tepat : Pilih peralatan pembersih yang sesuai dengan jenis cat atau permukaan dinding. Gunakan kain lembut, spons, atau alat pembersih yang tidak merusak cat saat membersihkan noda atau kotoran.

    Dengan mempraktikkan tips di atas, Anda dapat menjaga dinding rumah tetap bersih, menjaga penampilan estetis ruangan, dan memperpanjang umur cat dinding. Kebersihan dinding juga dapat berkontribusi pada kesehatan udara di dalam rumah dan memberikan lingkungan yang nyaman. Ohiya, supaya dinding rumah Anda lebih tahan terhadap kotoran dan jamur, Anda bisa menggunakan produk cat dari PaintPro. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia yang memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk PaintPro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dan kandungan vocnya juga rendah. Untuk informasi pemesan, Anda bisa menghubungi kami melalui situs website ini.

    Tanya #PalingPro