Gak Selalu Rumit, Begini 10 Tips Renovasi Rumah Tua Agar Terlihat Baru Lagi!

    11 Juni 2024

    Gak Selalu Rumit Begini 10 Tips Renovasi Rumah Tua Agar Terlihat Baru Lagi

    Rumah tua sebenarnya bukan hunian langka yang ada di Indonesia, dipedesaan bahkan di perkotaan, keberadaan rumah tua masih banyak ditemui. Kondisi ini dipengaruhi karena kebiasaan orang-orang zaman dulu melakukan tradisi mewariskan rumah miliknya ke keturunan berikutnya. Nah, seiring waktu tentu material yang digunakan untuk rumah tersebut tentu  akan mengalami penurunan kualitas. Jadi agar tidak rusak parah, dibutuhkanlah yang namanya renovasi rumah tua.

    Perlu diketahui, membangun dan merenovasi rumah adalah dua hal yang berbeda. Membangun adalah pekerjaan yang dilakukan dari dasar, sementara renov adalah melakukan perbaikan atau mengubah beberapa bentuk struktural rumah agar terlihat lebih baru lagi. Nah, berikut ini akan kami jelaskan 10 tips renovasi agar rumah tua Anda terlihat lebih baru lagi.

    Baca Juga : 6 Jenis Cat Rumah Berdasarkan Fungsinya!

    10 Tips Renovasi Rumah Tua

    Lakukan Perencanaan yang Matang

    Langkah yang paling penting sebelum melakukan renovasi rumah adalah pastikan Anda memiliki rencana yang jelas. Misalnya sebesar apa renovasi yang nantinya dilakukan, berapa budget yang Anda siapkan, kapan akan dikerjakan dan lain sebagainya.

    Selain itu, siapkan juga rencana lain untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, menyiapkan anggaran cadangan, mana tau saat proses pekerjaan ada kendala atau hal-hal yang tidak terduga.

    Evaluasi Semua Struktur Bangunan

    Rumah tua seringkali memiliki masalah struktural yang harus diperiksa dengan cermat. Evaluasi struktur bangunan adalah langkah penting untuk memastikan keselamatan dan stabilitas rumah Anda. 

    Jika kurang memahami struktur bangunan, Anda bisa panggillah seorang insinyur struktur atau profesional bangunan untuk melakukan inspeksi menyeluruh. Mulai dari kondisi fondasi, dinding, atap sistem kelistrikan, pipa air dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Cek Penyebab Dinding Rumah Retak, Nomor 4 Paling Sering Disepelekan!

    Menyesuaikan dengan Kode Bangunan

    Pastikan renovasi yang Anda lakukan sesuai dengan kode bangunan lokal. Ini penting untuk menghindari masalah hukum dan memastikan keselamatan rumah Anda. Cek peraturan zonasi, batas ketinggian bangunan, dan izin-izin yang diperlukan.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses renovasi rumah tua Anda berjalan dengan lancar. Misalnya, mendapatkan semua izin yang diperlukan, memastikan saat proses pembangunan dilakukan sesuai standar keselamatan.

    Rencanakan Anggaran Dengan Baik

    Renovasi rumah tua bisa memakan biaya yang cukup besar. Penting untuk merencanakan anggaran dengan cermat agar proyek tidak terhenti di tengah jalan. Buat daftar semua biaya yang diperkirakan, mulai dari material, tenaga kerja, hingga biaya tak terduga lainnya. 

    Untuk menjaga proses renovasi rumah tua Anda berjalan dengan baik, sebisa mungkin siapkan dana cadangan sekitar 10-20% dari total anggaran yang sudah siapkan. Kemudian agar lebih hemat, bandingkan harga material dari berbagai pemasok untuk mendapatkan harga terbaik. Jika ada, gunakan material bekas atau daur ulang yang masih layak pakai.

    Baca Juga : Biar Gak Ketipu, Begini Cara Membedakan Cat Tembok Asli dan Palsu

    Pilih Kontraktor yang Tepat

    Jika rumah tua Anda ternyata membutuhkan renovasi yang cukup besar, menggunakan jasa kontraktor perlu Anda pertimbangkan. Cari kontraktor yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik. Kalau bisa, jangan ragu untuk meminta referensi dan melihat hasil kerja mereka sebelumnya.

    Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah, cari beberapa kontraktor, tanyakan tentang pengalaman mereka dengan proyek serupa. Kemudian tanyakan juga bagaimana proses kerja yang mereka lakukan sebelum renovasi rumah.

    Mempertahankan Elemen Asli

    Salah satu daya tarik rumah tua adalah karakter dan keunikan bentuk aslinya. Saat melakukan renovasi, cobalah untuk melestarikan elemen asli sebanyak mungkin. Agar desain rumah tua Anda tetap bisa dipertahankan.

    Nah,  disini Anda bisa meminta kontraktor untuk mengidentifikasikan mana saja elemen atau material yang masih bisa dipertahankan dan dipulihkan. Diskusikan ke pihak developer untuk menggunakan teknik dan material yang sesuai untuk memulihkan elemen asli dari rumah tua Anda.

    Baca Juga : 7 Cara Membersihkan Cat Dinding yang Kotor, Dijamin Lebih Aman

    Tingkatkan Efisiensi Energi

    Rumah tua sering kali tidak efisien dalam hal energi. Saat renovasi, pertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi energi rumah Anda. Ini bisa menghemat biaya energi jangka panjang dan membuat rumah lebih nyaman.

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, misalnya memasang insulasi tambahan di dinding, atap, dan lantai. Jendela dan pintu yang sudah lama biasanya sudah rentan rusak, jadi Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

    Perhatikan Desain Interior

    Desain interior rumah tua seringkali membutuhkan sentuhan khusus untuk mempertahankan karakter aslinya sambil menambahkan kenyamanan modern. Pilihlah gaya yang sesuai dengan era rumah Anda, namun tetap praktis untuk kehidupan sehari-hari.

    Sebelum memutuskan untuk melakukan pengecatan ulang, pastikan warna cat yang Anda gunakan sesuai, sebisa mungkin pilih produk cat yang berkualitas tinggi, seperti PaintPro untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

    Baca Juga : Agar Hasilnya Maksimal, Begini Tips Mencari Tukang Cat Rumah!

    Kelola Waktu dengan Baik

    Renovasi rumah tua sering kali memakan waktu lebih lama daripada yang diperkirakan. Oleh karena itu, penting untuk mengelola waktu dengan baik agar proyek dapat selesai sesuai jadwal.  Anda bisa rencanakan timeline yang tepat dengan pihak developer sesuai dengan yang diharapkan.

    Renovasi rumah tua bukanlah proyek yang mudah. Anda mungkin akan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari biaya yang membengkak hingga masalah struktural yang tidak terduga. Penting untuk menyiapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi semua ini.

    Renovasi rumah tua memang memerlukan perhatian khusus dan perencanaan yang matang. Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas dan memperhatikan detail-detail penting, Anda bisa menciptakan rumah yang tidak hanya indah dan nyaman, tetapi juga penuh dengan karakter dan sejarah. 
    Oh iya, buat Anda yang membutuhkan produk cat untuk kebutuhan renovasi rumah tua Anda, produk cat PaintPro bisa menjadi pilihan terbaik. Untuk informasi mengenai harga dan pemesanan bisa langsung menghubungi kami melalui laman website ini. Semoga panduan ini bisa membantu Anda untuk merencanakan dan menjalankan proyek renovasi rumah tua Anda yang lebih sukses dan cepat.

    Tanya #PalingPro