6 Jenis Cat Rumah Berdasarkan Fungsinya!

    04 Desember 2023

    Cat merupakan pigmen berbentuk cair yang biasa digunakan untuk memberikan lapisan tambahan pada permukaan benda tertentu. Selain memperindah, pengaplikasian cat juga berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah kerusakan dan menjaga permukaan benda agar lebih tahan lama.

    Sebagai contoh tembok rumah, penggunaan cat biasanya dilakukan untuk melindungi permukaan tembok dari kelembaban dan sinar UV yang dapat merusak struktur bahan material tembok. Sama halnya jika media yang ingin Anda cat terbuat dari logam atau besi, fungsi cat juga bertujuan agar terlindung dari yang namanya karat ataupun korosi.

    Nah, sebelum Anda melakukan pengecatan ada baiknya mengetahui apa saja jenis dan tipe cat rumah berdasarkan fungsinya. Jangan sampai salah gunakan yah, agar hasil pengecatan yang Anda lakukan tetap maksimal. Berikut 6 jenis cat rumah yang wajib Anda ketahui.

    Cat Dasar 

    Cat primer adalah lapisan cat yang pertama diaplikasikan pada permukaan tembok atau dinding. Cat primer membantu meningkatkan daya tahan cat terhadap cuaca, sinar UV dan lingkungan yang tidak memadai.  Cat primer juga dapat membantu menyamarkan kerusakan kecil pada permukaan tembok, seperti noda, goresan, atau perbedaan warna. Ini menciptakan dasar yang merata untuk lapisan cat utama.

    Pemilihan cat primer juga harus sesuai dengan jenis permukaan yang akan dicat sangat penting untuk hasil akhir yang optimal. Setiap jenis cat dan primer memiliki kegunaan dan karakteristik khusus, tergantung pada kondisi permukaan yang akan dicat. Sebelum melakukan pengecatan, pastikan untuk membaca petunjuk produsen dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Cat Epoxy

    Cat epoxy adalah jenis cat yang terbuat dari resin epoksi. Resin epoksi adalah bahan kimia yang terdiri dari dua komponen utama seperti resin dan pengeras. Ketika kedua komponen ini dicampur bersamaan, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan material yang keras, tahan aus, dan tahan kimia. Cat epoxy biasanya digunakan untuk memberikan lapisan pelindung dan tahan lama pada permukaan, terutama di area dengan kondisi yang keras seperti lantai pabrik, garasi, atau permukaan beton lainnya.

    Jadi, jika Anda ingin meningkatkan daya tahan tembok atau lantai rumah, cat jenis epoxy bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum mengaplikasikan jenis cat ini, pastikan sudah mengikuti panduan dari produsen, agar hasil pengecatan yang Anda dapatkan lebih maksimal.

    Cat Duco

    Jika Anda ingin mengecat rumah yang banyak menggunakan bahan material kayu, salah satu jenis cat yang relevan untuk diaplikasikan adalah cat duco. Jenis cat ini mampu membuat permukaan material kayu lebih halus dan glossy. Cat duco juga memiliki keunggulan untuk menutupi dan menyamarkan serat kayu dengan baik.

    Perlu diketahui, trend rumah kayu juga semakin banyak diminati karena memiliki desain yang menyatu dengan alam, rumah yang menggunakan material kayu juga dikenal lebih cepat menyerap sumber panas. Selain cocok digunakan untuk dinding  kayu, cat duco juga bisa Anda aplikasikan pada furniture rumah seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. 

    Cat Interior

    Sesuai dengan namanya cat interior adalah jenis cat yang biasa digunakan untuk melapisi dan melindungi dinding bagian dalam ruangan. Jenis cat ini juga didesain khusus agar lebih aman bagi penghuninya, tidak mengganggu kesehatan dan tetap memberikan kenyamanan yang mumpuni. Karena seperti yang Anda ketahui, untuk memproduksi cat ada kandungan zat yang tidak bagus untuk kesehatan. 

    Penggunaan cat interior juga berfungsi untuk melindungi tembok dari noda, kotoran, jamur dan kerusakan kecil yang mungkin terjadi. Jadi buat Anda yang ingin mengaplikasikan cat ke dalam ruangan, pastikan menggunakan cat interior, agar hasilnya pengecatan yang Anda lakukan lebih maksimal, Anda bisa menggunakan produk cat dari PaintPro. 

    Car Exterior

    Cat eksterior adalah jenis cat yang dirancang khusus untuk melapisi dan melindungi permukaan luar bangunan, seperti dinding eksterior, trim, pintu, jendela, dan elemen arsitektur lainnya. Fungsi utama cat eksterior adalah memberikan perlindungan terhadap elemen alam, seperti sinar UV, hujan, panas, dingin, dan kelembaban, sambil mempertahankan estetika bangunan. Berikut adalah beberapa fungsi utama cat eksterior.

    Saat memilih cat eksterior, penting untuk mempertimbangkan kondisi iklim setempat, jenis permukaan yang akan dicat, serta preferensi estetika. Pemilihan cat yang tepat dapat meningkatkan daya tahan dan penampilan eksterior bangunan dalam jangka waktu yang lama.

    Cat Waterproofing

    Jika hunian Anda dibangun di lokasi yang memiliki tingkat kelembaban atau curah hujan tinggi, untuk menjaga struktur bangunan agar tetap tahan lama, salah satu hal yang sangat penting diterapkan adalah menggunakan pelapis yang sesuai. Nah, cat jenis waterproofing bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai pelapis pada tembok atau dinding hunian Anda.

    Sebagai informasi, rembesan air yang terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan struktural pada tembok, terutama jika bangunan terbuat dari bahan yang rentan terhadap kelembaban seperti beton, bata, atau kayu. Air yang meresap dapat memicu pertumbuhan jamur, keroposnya bahan bangunan, dan merusak kekuatan struktural.

    Nah, untuk Anda yang ingin melakukan pengecatan ulang pada hunian, pilihlah tipe cat sesuai dengan fungsinya. Jangan mengaplikasikan cat yang sebenarnya tidak cocok digunakan pada media yang Anda pilih. Karena setiap bahan material yang berbeda pasti memiliki jenis cat yang sudah ditentukan.  Jika Anda membutuhkan produk cat berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari cat pelapis hingga cat anti bocor, Anda bisa gunakan produk Paintpro solusi terbaik untuk dinding rumah Anda. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia yang memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk Paintpro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dan kandungan vocnya juga rendah.

    Tanya #PalingPro