Biar Gak Ketipu, Begini Cara Membedakan Cat Tembok Asli dan Palsu

    04 Desember 2023

    Jika ada permintaan tinggi untuk suatu produk, namun pasokan terbatas atau harga produk asli tersebut terlalu tinggi, hal ini dapat menciptakan peluang bagi produsen barang palsu untuk memasuki pasar dan memenuhi permintaan konsumen. Nah, Anda juga pasti setuju bukan, cat dari dulu hingga saat ini masih termasuk jenis produk yang banyak dicari dan dibutuhkan. 

    Untuk membedakan cat asli atau palsu juga relatif lebih sulit, mereka para produser nakal akan berusaha semaksimal mungkin bagaimana caranya membuat produk tiruan yang memiliki kemiripan yang pas. Jadi Anda jangan sampai ketipu, sebisa mungkin sebelum melakukan transaksi, cek lebih detail cat yang ingin Anda pilih.

    Jika Anda menggunakan produk cat yang palsu, hasil pengecatan yang diaplikasikan juga tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya warna dan daya rekat yang dihasilkan kurang maksimal. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, PaintPro akan memberikan tips bagaimana cara membedakan cat tembok asli dan palsu, simak informasi ini sampai habis yah.

    Begini Cara Membedakan Cat Tembok Asli dan Palsu

    Periksa Label dan Logo

    Meskipun merk cat yang ingin Anda gunakan dari brand ternama, resiko mendapatkan produk cat yang palsu masih memungkinkan terjadi, apalagi Anda tidak detail saat membeli produk cat tersebut. Jika di daerah Anda tidak memiliki toko atau reseller resmi dari brand cat yang ingin Anda pilih, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan lebih detail memeriksa label dan logo dari cat tersebut.

    Perhatikan label dan logo pada kemasan cat. Cat asli biasanya memiliki label dan logo yang jelas, dengan cetakan dan warna yang tajam. Sebaliknya cat palsu biasanya memiliki label yang kurang berkualitas dan terlihat kurang jelas. Tips ini bisa Anda terapkan ketika di daerah Anda memang tidak memiliki toko atau reseller cat dari brand resminya.

    Harga yang Ditawarkan

    Salah satu kebiasaan yang sering bikin konsumen blunder ketika ingin membeli sesuatu adalah tergiur dengan harga murah tanpa melakukan validasi dari produk tersebut. Hal ini juga berlaku pada produk cat, jika Anda menemukan ada toko yang menawarkan cat dengan harga murah, jangan langsung di beli, coba validasi ke situs website resmi dari brand cat tersebut, perhatikan apakah harga yang ditawarkan oleh toko tersebut sudah sesuai, atau malah lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ada di website resminya. 

    Cat tembok asli biasanya memiliki harga yang relatif stabil sesuai dengan kualitasnya. Harga yang terlalu rendah mungkin menjadi indikasi bahwa produk tersebut palsu dengan kualitas yang lebih rendah. Kecuali memang brand cat tersebut sedang ngadain promo. 

    Perbandingan Warna

    Salah satu Alasan Anda menggunakan produk cat tertentu karena memiliki keunggulan atau keunikan tersendiri. Misalnya sebagai konsumen lebih suka produk cat tersebut karena dari segi harga lebih murah, ada juga tipe konsumen yang memprioritaskan kualitas dan warna yang dihasilkan tanpa memperdulikan harga yang ditawarkan. 

    Nah, jika Anda tipikal orang yang lebih memprioritas kualitas dan warna, apalagi Anda pernah menggunakan produk cat tersebut, coba bandingkan warna cat pada kemasan dengan cat yang sebenarnya. Jika warna yang dihasilkan memiliki perbedaan yang mencolok bisa dicurigai cat yang Anda gunakan merupakan barang tiruan. 

    Uji Ketebalan Cat

    Cara membedakan cat asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menguji tingkat ketebalan cat, apakah tingkat ketebalan yang diinfokan lewat label sesuai. Anda bisa mulai pada permukaan kecil, perhatikan ketebalan cat. Cat asli biasanya memiliki ketebalan yang konsisten dengan hasil yang lebih berkualitas. Sementara cat palsu mungkin terlihat lebih tipis dengan tampilan warna yang kurang menarik.

    Namun sebelum melakukan uji coba, pastikan Anda sudah membaca semua detail produk cat tersebut. Jangan sampai nanti expektasi Anda tinggi, sementara produk cat yang ingin Anda coba uji berasal dari brand yang biasa. Karena ada harga pasti ada kualitas yang diberikan.

    Bau yang Ditimbulkan


    Beberapa jenis cat palsu dapat dikenali melalui aroma yang dihasilkannya. Cat asli umumnya memiliki bau khas yang dihasilkan oleh bahan kimia yang digunakan dalam formulanya. Jika Anda sudah terbiasa dengan aroma cat asli, perbedaan dalam bau bisa menjadi tanda yang mencolok ketika Anda mencoba cat palsu. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa produsen barang palsu dapat mencoba meniru bau cat asli, dan tidak semua cat palsu memiliki aroma yang berbeda. 

    Oleh karena itu, meskipun aroma dapat menjadi petunjuk, tetapi tidak bisa diandalkan sepenuhnya sebagai satu-satunya cara untuk mengenali cat palsu. Disarankan untuk memeriksa tanda-tanda lain, seperti kemasan, label, dan hasil akhir pengecatan, serta membeli cat dari sumber yang terpercaya untuk menghindari risiko mendapatkan produk palsu.

    Penjual Tidak Resmi

    Maraknya peredaran cat palsu dengan menggunakan nama brand besar biasanya dilakukan oleh penjual yang tidak resmi. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ini akan mencari proyek bangunan yang sedang berjalan untuk mempromosikan cat palsu tersebut dengan cara door to door.

    Mereka juga biasanya menawarkan harga cat jauh dibawah standar ditentukan oleh brand aslinya dengan beragam bonus yang dijanjikan. Hal tersebut mereka lakukan agar konsumen semakin tertarik untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu sebagai pemilik hunian atau proyek, Anda perlu lebih berhati-hati yah.

    Kualitas Hasil Akhir

    Jika semua tips diatas tidak Anda temukan, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah cek secara detail semua hasil akhir dari cat yang Anda aplikasikan. Cat dari produk asli biasanya memberikan hasil akhir yang lebih rata dan tahan lama. Sedangkan hasil pengecatan yang menggunakan produk cat palsu biasanya kurang maksimal, warna yang dihasilkan juga biasanya kelihatan pucat dan lebih cepat terkelupas.

    Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan produk cat asli dan yang palsu. Intinya jangan mudah tergiur dengan harga murah, validasi dulu apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan di laman website resmi dari produk cat tersebut. 

    Oh iya buat Anda yang sedang membutuhkan produk cat berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menggunakan produk cat PaintPro. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia yang memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk PaintPro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dan kandungan vocnya juga rendah. Untuk informasi pemesan, Anda bisa menghubungi kami melalui situs website ini.

    Tanya #PalingPro