7 Penyebab dan Cara Mengecat Plafon Rumah yang Berjamur

    30 Januari 2024

    cara mengecat plafon ruman

    Memiliki rumah yang nyaman adalah impian semua orang, banyak diluar sana yang sengaja mendirikan dan menciptakan desain rumah sesuai preferensinya hanya untuk membuatnya nyaman. Misalnya, membangun sebuah rumah di dekat pantai, di dekat gunung atau membangun rumah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Perlu Anda ketahui tinggal di dalam rumah yang nyaman dapat membuat penghuninya merasa lebih rileks dan bahagia yang dapat membantunya mengurangi stres sehingga kualitas hidupnya jadi lebih baik.

    Tak hanya nyaman, rumah yang bersih juga salah satu hal yang sangat diprioritaskan oleh banyak orang. rumah yang bersih tentu dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan mengurangi risiko alergi. Namun seringnya, kebersihan rumah hanya diprioritaskan di bagian tertentu saja, dibagian yang sulit dijangkau kadang tidak diperhatikan, salah satunya plafon. 

    Plafon adalah salah satu bagian konstruksi rumah yang berfungsi untuk menutup atas ruangan. Fungsinya tidak hanya sebagai elemen struktural, tetap juga memiliki peran estetika dan fungsional dalam desain interior. Salah satu permasalahan yang sering dialami pemilik rumah adalah plafon berjamur, Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara mengecat plafon PaintPro terlebih dulu akan membahas penyebab plafon berjamur, simak sampai habis yah!

    Baca Juga : 12 Tipe Model Rumah Terbaik Saat Ini, Rekomended Untuk Anda yang Tinggal di Indonesia!

    7 Penyebab Plafon Berjamur

    Kelembaban Tinggi

    Lingkungan dengan tingkat kelembapan yang tinggi dapat menciptakan kondisi yang ideal bagi jamur untuk tumbuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena adanya kebocoran atau kurangnya ventilasi yang digunakan pada rumah tersebut. 

    Bocor Atap

    Bila atap rumah Anda bocor, air bisa merembes ke dalam ruangan. Air yang masuk ini dapat membuat plafon basah. Kondisi ini lah yang memicu pertumbuhan jamur pada permukaan plafon.

    Kurangnya Ventilasi

    Ventilasi yang buruk membuat udara di dalam rumah tidak bisa beredar dengan baik. Ini dapat menyebabkan penumpukan kelembaban dan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan jamur di plafon.

    Bocor Pipa

    Pipa yang bocor di dalam dinding atau plafon dapat menyebabkan kelembaban. Kelembaban ini dapat menyebabkan plafon menjadi basah dan menjadi tempat yang baik bagi jamur untuk berkembang.

    Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Fungsi dan Jenis Thinner Untuk Proses Pengecatan!

    Ruang Gelap

    Jika ruangan rumah Anda jarang mendapatkan paparan sinar matahari atau pencahayaan yang cukup, plafon yang digunakan bisa lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur.

    Kualitas Bahan Bangunan

    Bahan bangunan yang tidak tahan terhadap kelembaban atau tidak diolah dengan benar dapat menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur. Plafon yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap air lebih rentan terhadap jamur.

    Kurangnya Perawatan

    Plafon yang tidak dirawat dengan baik, seperti tidak dibersihkan secara teratur atau tidak diperbaiki jika ada masalah, bisa lebih mudah terkena jamur. Perawatan yang baik dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur di plafon rumah.

    Munculnya jamur pada permukaan plafon tentu bisa membuat tampilan rumah kurang menarik. Jika tidak segera diatasi, jamur tersebut akan menyebar, perlahan kondisi ini tentu bisa merusak permukaan dari plafon tersebut. Kalau sudah rusak, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan plafon baru. Namun jangan khawatir, jika jamur yang ada di plafon rumah Anda belum terlalu banyak, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pengecatan, cara ini tentu lebih hemat dari pada harus mengganti plafon baru. Berikut cara mengecat plafon yang berjamur!

    Cara Mengecat Plafon Rumah yang Berjamur

    Cek Kondisi Jamur

    Sebelum melakukan pengecatan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi jamur yang ada diseluruh permukaan plafon. Apakah jamur yang tumbuh disebabkan karena lingkungan yang lembab atau karena adanya sumber kebocoran. 

    Selain itu perhatikan juga kondisi plafon rumah Anda, jika kondisinya masih mulus, artinya plafon masih bisa Anda cat ulang. Namun, jika jamur tersebut sudah membuat permukaan plafon rusak atau retak, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan unit baru.

    Baca Juga : Cek Penyebab Dinding Rumah Retak, Nomor 4 Paling Sering Disepelekan!

    Siapkan Alat Pembersih Jamur

    Untuk mendapatkan hasil polesan cat yang maksimal, Anda tentu harus membersihkan seluruh permukaan plafon dari jamur. Berikut beberapa alat yang perlu Anda siapkan untuk membersihkan jamur plafon.

    Sponge

    Sponge adalah alat yang digunakan untuk membersihkan jamur pada plafon rumah. Gunakan sisi kasar spons pembersih untuk menggosok jamur pada plafon

    Larutan Pembersih

    Larutan pembersih adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan jamur pada plafon rumah. Campurkan cairan pencuci piring, pemutih klorin, dan pembersih jamur untuk membuat larutan pembersih.

    Botol Semprot

    Botol semprot adalah alat yang nantinya Anda gunakan untuk semprotkan larutan pembersih pada jamur yang terlihat di plafon rumah

    Tea Tree Oil

    Tea tree oil adalah bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada plafon rumah. Campurkan 2 sendok teh tea tree oil dengan 2 gelas air, lalu semprotkan pada area plafon atau molding yang terkena jamur.

    Gunakan Cairan Fungicidal Wash

    Setelah semua jamur plafon sudah Anda bersihkan dengan baik, Anda belum bisa langsung melakukan pengecatan. Masih ada tahapan lain yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melapisi permukaan plafon dengan cairan fungicidal wash.

    Penggunaan cairan ini berfungsi untuk meminimalisir pertumbuhan jamur, Anda bisa menggunakan kuas atau roller cat, kemudian oles secara merata ke seluruh permukaan plafon, tunggu beberapa menit pastikan sudah benar kering agar cat yang diaplikasikan nantinya bisa menyerap dengan baik.

    Baca Juga : Cara Mengecat Ulang Tembok yang Sudah Mulai Kusam dan Terkelupas!

    Aplikasikan Cat Dasar Terlebih Dahulu

    Untuk mendapatkan hasil dan warna pengecatan yang maksimal, salah satu cara yang tidak boleh terlewatkan adalah penggunaan cat dasar. Lapisi seluruh permukaan plafon yang sebelumnya sudah dibersihkan dan diberikan cairan anti jamur menggunakan cat primer. 

    Gunakan roller atau kuas untuk membantu proses pengecatan yang Anda lakukan. Penggunaan cat dasar juga berfungsi untuk membantu meningkatkan daya rekat cat akhir. 

    Teknik Pengecatan

    Jika cat dasar yang sebelumnya Anda aplikasikan sudah kering, langkah selanjutnya adalah melapisi plafon dengan cat akhir, pilih warna cat akhir yang sesuai dengan preferensi Anda. Nah, roller atau kuas yang sebelumnya Anda gunakan untuk mengaplikasikan cat dasar, sebaiknya dibersihkan dulu agar tidak mengkontaminasi cat akhir yang nantinya diaplikasikan.

    Pastikan untuk mengaplikasikan cat dengan gerakan yang teratur dan konsisten. Mulailah dari salah satu sudut ruangan dan lakukan mengecat plafon dalam pola yang seragam dengan lembut untuk menciptakan lapisan yang merata.

    Proses Finishing

    Terakhir setelah proses pengecatan sudah selesai, berikutnya periksa kembali seluruh permukaan plafon, jika ada cat yang kurang rata atau terlalu tipis, Anda dapat menyempurnakannya dengan melakukan pengecatan kembali. 

    Tidak lupa periksa benda yang ada disekitar plafon termasuk bagian dinding rumah Anda, jika Anda melihat ada percikan cat segera bersihkan menggunakan kain lap atau spons basah. 

    Tips Meminimalisir Pertumbuhan Jamur Pada Plafon

    Gunakan Ventilasi yang Baik

    Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk meminimalisir pertumbuhan jamur adalah pastikan ventilasi rumah Anda berfungsi dengan baik.  Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mencegah kelembaban yang dapat memicu pertumbuhan jamur. 

    Baca Juga : 8 Trend Warna Cat Tahun 2024, Untuk Tampilan Rumah yang Lebih Elegan!

    Buka Jendela Secara Teratur

    Selain membantu membuat ruangan terasa adem, membuka jendela secara teratur juga dapat membantu udara segar masuk kedalam rumah sehingga bisa mengurangi kelembaban.

    Gunakan Exhaust Fun

    Pemasangan exhaust fan dapat membantu mengurangi sumber kelembaban di dalam ruangan. Terutama didalam ruangan yang rentan lembab seperti kamar mandi atau dapur. Nah, itulah beberapa cara mengecat plafon berjamur dan cara mencegahnya. Tips buat Anda agar warna cat yang dihasilkan terlihat menarik dan tahan lama, jangan lupa gunakan produk cat dari PaintPro. Produk cat ramah lingkungan aman bagi kesehatan untuk sensasi hunian yang lebih nyaman.

    Tanya #PalingPro