Gak Usah Khawatir, Begini Cara Menghilangkan Bekas Air di Tembok Rumah!

    03 Maret 2024

    tembok berair

    Salah satu permasalahan yang sering dirasakan pemilik rumah adalah adanya bekas air didalam tembok rumah yang sulit untuk dihilangkan. Meskipun hanya sebatas air, noda ini tentu bisa membuat tampilan rumah Anda menjadi kurang menarik. Jika tidak segera diatasi, air yang mengendap dapat memicu pertumbuhan jamur hingga lumut yang dapat merusak struktur permukaan dinding rumah Anda.

    Sebelum Anda mencoba menghilangkan noda air, penting untuk Anda untuk mengetahui apa penyebabnya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan noda air di dalam dinding, misalnya karena adanya kebocoran pada pipa air, kebocoran atap, kondensasi, atau rembesan air dari luar.

    Baca Juga : 10 Desain Kamar Minimalis Trend yang Bisa Anda Coba!

    Ketahui Penyebab Noda Air Pada Tembok Rumah

    Setelah memahami noda air di dinding, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi penyebabnya. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda mengatasi akar masalahnya, bukan hanya menghilangkan noda airnya. Periksa dengan cermat area di sekitar noda air dan cari tanda-tanda kebocoran atau masalah lain yang mungkin bisa memicu tembok rumah Anda jadi lembab.

    Namun sebelum Anda menghilangkan noda bekas air, penting untuk melakukan pemeriksaan dinding terlebih dahulu. Jika kerusakan terlalu parah, mungkin perlu dilakukan perbaikan yang lebih ekstensif. Jika kerusakan hanya pada lapisan permukaan, Anda mungkin dapat mengatasi masalah ini sendiri.

    Siapkan Alat dan Bahan yang Nantinya Dibutuhkan

    Pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan misalnya air, cuka, soda kue, larutan pemutih, dan pembersih uap. Pastikan Anda juga memiliki perlengkapan keamanan seperti sarung tangan dan kacamata pelindung. 

    Gunakan Cairan Cuka

    Salah satu cara yang dikenal efisien untuk menghilangkan noda air di dinding adalah dengan menggunakan larutan cuka. Campurkan jumlah yang sama dari cuka putih murni dan air dalam wadah. Basahi kain bersih dengan larutan ini dan usap lembut pada noda air. 

    Biarkan larutan meresap ke dalam dinding selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain bersih yang sebelumnya sudah dibasahi menggunakan  air bersih. 

    Gunakan Baking Soda

    Soda kue juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda air di dinding. Campurkan soda kue dengan sedikit air untuk membuat pasta yang kental. Oleskan pasta ini ke noda air dan biarkan selama beberapa jam. 

    Setelah itu, bersihkan dengan kain bersih yang sudah dibasahi air. Perlu diketahui baking soda juga dapat membantu mengangkat kotoran membandel sehingga kebersihan dinding rumah tetap terjaga.

    Baca Juga : Biar Gak Ketipu, Begini Cara Membedakan Cat Tembok Asli dan Palsu

    Gunakan Larutan Pemutih

    Jika noda bekas air pada dinding sulit dihilangkan, Anda mungkin perlu menggunakan larutan pemutih untuk menghilangkannya. Campurkan larutan pemutih dengan air dalam perbandingan yang ditentukan pada kemasan. 

    Karena ini bahan yang digunakan cukup berbahaya, pastikan menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan kacamata. Oleskan larutan ini pada noda air dan biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan kain basah. 

    Gunakan Vacuum Cleaner

    Jika noda air sangat sulit dihapus, Anda mungkin perlu menggunakan pembersih uap. Pembersih uap akan membantu menetralisir noda bekas air yang menempel pada dinding dan memudahkan penghapusannya. 

    Ikuti petunjuk penggunaan pembersih uap dengan cermat dan pastikan Anda mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan. Setelah menggunakan pembersih uap, bersihkan dinding dengan kain bersih yang sudah dibasahi menggunakan air bersih.

    Aplikasikan Cat Pada Dinding yang Lembab

    Jika memang bekas air pada dinding sudah sulit untuk dihilangkan, Anda mungkin perlu menutupinya dengan cat. Pilih cat yang sesuai dengan warna dan tekstur dinding Anda seperti produk cat waterproofing dari PaintPro.

    Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, sebelum melakukan pengecatan, bersihkan dinding dengan kain basah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin ada. Setelah itu, aplikasikan cat dengan kuas atau rol cat. Agar hasil pengecatan yang dilakukan maksimal, ikuti petunjuk penggunaan cat dengan tepat. 

    Baca Juga : Cara Mengecat Rumah Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna!

    Tips Mencegah Agar Dinding Rumah Anda Tidak Lembab

    Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan noda air di dinding, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah agar dinding rumah tidak mudah lembab. Nah, berikut langkah yang dapat Anda lakukan, 

    Perbaikan Pipa Air yang Bocor 

    Setiap rumah pasti dilengkapi dengan pipa yang digunakan untuk saluran air, jika dinding rumah Anda mudah lembab karena adanya kerusakan pada pipa, segera lakukan perbaikan atau ganti bagian pipa yang rusak.

    Tingkatkan Ventilasi di Dalam Rumah

    Selain berfungsi sebagai pencahayaan alami di dalam ruangan, ventilasi juga berfungsi untuk menetralisir sumber kelembaban. Jadi pastikan ruangan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik untuk mencegah kelembaban.

    Gunakan Cat Waterproofing 

    Menggunakan bahan material yang berkualitas tidaklah cukup untuk membuat dinding rumah Anda tidak mudah lembab apalagi rembes air. Pastikan juga untuk mengaplikasikan cat waterproofing yang didesain khusus untuk mencegah dinding agar tidak mudah lembab.

    Baca Juga : Cek Penyebab Dinding Rumah Retak, Nomor 4 Paling Sering Disepelekan!

    Periksa Area Di Sekitar Rumah

    Kadang tanpa disadari, lingkungan rumah yang tidak stabil juga bisa mempengaruhi dinding rumah cepat lembab. Misal, jika daerah tempat tinggal Anda memiliki curah hujan yang tinggi, otomatis dinding rumah Anda akan cepat lembab.

    Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa menghilangkan noda air di dinding rumah Anda dan mencegahnya muncul kembali di masa  mendatang. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kebersihan dan perawatan rumah Anda agar tetap indah dan nyaman untuk ditinggali.  

    Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas air didalam tembok yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat dan bisa diimplementasikan dengan baik. Tips buat Anda agar warna cat yang dihasilkan terlihat menarik dan tahan lama, jangan lupa gunakan produk cat dari PaintPro. Produk cat ramah lingkungan aman bagi kesehatan untuk sensasi hunian yang lebih nyaman.

    Nah, salah satu produk PaintPro yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dan meminimalisir tembok agar tidak mudah lembab adalah dengan menggunakan cat waterproofing dari PaintPro. 

    Tanya #PalingPro