8 Tips Renovasi Rumah, Cocok Untuk Anda yang Masih Pemula!

    10 Januari 2024

    Tips Renovasi Rumah

    Meskipun rumah Anda dibangun menggunakan bahan material yang berkualitas, menggunakan desain bangunan yang kokoh atau menggunakan vendor yang berpengalaman untuk membangun rumah Anda, potensi kerusakan kecil tetap memungkinkan untuk terjadi. Kondisi seperti ini biasanya dipengaruhi karena beberapa faktor, misalnya karena usia bangunan yang di tinggali sudah tua, faktor lingkungan atau bisa juga karena pengaplikasian bahan material yang kurang tepat.

    Untuk mengatasinya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan renovasi atau perbaikan kecil. Oh iya, perlu Anda ketahui, selain karena adanya kerusakan, renovasi juga biasa dilakukan bagi mereka yang ingin mengupgrade desain rumah agar lebih menarik sesuai trend desain rumah saat ini. 

    Nah, buat Anda yang berencana merenovasi rumah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Melalui artikel ini PaintPro akan membagikan tipsnya untuk Anda, simak sampai habis yah!

    Baca Juga : 12 Tipe Model Rumah Terbaik Saat Ini, Rekomended Untuk Anda yang Tinggal di Indonesia!

    8 Tips Renovasi Rumah, Cocok Untuk Anda yang Masih Pemula!

    Bagi mereka yang sudah memiliki rumah sendiri, salah satu goals utamanya pasti ingin mengupgrade tampilan rumahnya agar kelihatan lebih menarik. Renovasi juga sering dilakukan untuk meremajakan bagian rumah yang sudah mulai rusak agar tetap kelihatan baru. Nah, buat Anda yang berencana merenovasi rumah, berikut 8 tips yang wajib Anda ketahui, simak sampai habis yah!

    Membuat Rencana

    Buatlah rencana yang matang dan rinci sebelum memulai renovasi rumah. Rencana ini harus mencakup tujuan renovasi, anggaran, dan jadwal pelaksanaan. Dengan membuat rencana yang matang, Anda dapat menghindari biaya yang tidak terkendali dan memastikan bahwa renovasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

    Selain itu, rencana yang matang juga dapat membantu Anda menentukan prioritas renovasi dan memilih material yang tepat. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa hasil renovasi rumah sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

    Lakukan Riset

    Kemudian langkah kedua yang tidak kalah penting adalah lakukan riset. Misalnya jika Anda hanya ingin memperbaiki beberapa bagian rumah saja, cobalah untuk memeriksanya lebih detail, pastikan semua yang rusak sudah masuk daftar renovasi yang nantinya Anda lakukan.

    Riset juga berguna untuk Anda yang ingin melakukan renovasi rumah secara total. Misalnya memilih desain rumah yang pas melalui internet, memilih bahan material yang cocok digunakan, menentukan vendor yang sesuai serta anggaran yang harus disiapkan.

    Tentukan Anggaran

    Tentukan anggaran yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah Anda. Hindari melebih-lebihkan anggaran dan catat semua kebutuhan renovasi rumah. 

    Untuk memudahkan Anda menentukan berapa anggaran yang harus disiapkan, cobalah konsultasikan kepada jasa kontraktor atau jasa tukang bangunan terdekat yang ada disekitar rumah Anda.

    Baca Juga : Cek Penyebab Dinding Rumah Retak, Nomor 4 Paling Sering Disepelekan!

    Mintalah Saran Dari Tetangga

    Tetangga yang pernah melakukan renovasi sebelumnya akan memberikan berharga berdasarkan pengalaman pribadi mereka. Mereka dapat memberikan saran tentang kontraktor atau tukang terpercaya, memberi tahu Anda tentang potensi masalah yang mungkin muncul, atau memberikan tips untuk mengelola proses renovasi dengan lebih efektif.

    Tetangga juga dapat membantu Anda menyusun rencana renovasi yang lebih baik. Mereka mungkin memiliki wawasan tentang desain atau fitur tertentu yang dapat meningkatkan nilai properti dan kepuasan hidup Anda di lingkungan tersebut.

    Pilih Material yang Berkualitas

    Jika Anda sudah mengetahui apa saja kebutuhan bahan material yang nantinya digunakan, tips selanjutnya pilihlah material yang berkualitas. Mengapa ini penting? Karena material berkualitas juga dapat memastikan hasil renovasi rumah yang baik dan tahan lama.

    Selain itu, material berkualitas juga dapat menghemat biaya jangka panjang karena tidak perlu sering melakukan perbaikan atau penggantian material. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan material berkualitas dan tahan lama dalam renovasi rumah Anda untuk memastikan hasil yang maksimal dan tahan lama.

    Mulai Dari Hal yang Kecil

    Jika Anda sebelumnya memiliki pengalaman di bidang konstruksi bangunan dan ingin melakukannya dengan sendiri, saran kami mulailah dari hal-hal yang kecil dulu. Dengan memprioritaskan pekerjaan yang perlu segera dilakukan, Anda dapat mengontrol biaya dan menghindari pembiayaan yang tidak perlu.

    Pekerjaan yang dilakukan dari hal yang kecil juga membantu proses renovasi Anda jadi lebih terstruktur. Hal ini membantu dalam perencanaan yang lebih baik untuk tahap-tahap renovasi berikutnya, memastikan bahwa hasil akhir sesuai dengan harapan dan keinginan Anda.

    Gunakan Jasa Profesional

    Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam renovasi rumah, gunakan jasa profesional untuk memastikan hasil yang lebih maksimal. Anda bisa dengan mudah menemukan jasa renovasi melalui Internet. 

    Jasa profesional renovasi rumah juga dapat membantu Anda menentukan anggaran biaya yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah Anda, sehingga memastikan bahwa anggaran Anda tidak perlu terlalu melampau atau kekurangan.

    Baca Juga : Bikin Gak Nyaman, Ternyata Ini Penyebab Tembok Lembab dan Cara Mengatasinya!

    Atur Jadwal Renovasi

    Setelah semuanya sudah Anda siapkan dengan matang, mulai dari anggaran, desain rumah, vendor yang nantinya digunakan. Langkah berikutnya adalah mengatur jadwal renovasi. Dengan mengatur jadwal renovasi yang tepat, Anda dapat menghindari keterlambatan dalam proses renovasi dan memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu.

    Selain itu, menentukan jadwal yang tepat juga dapat menghindari konflik jadwal dengan kegiatan lain yang mungkin Anda miliki, seperti pekerjaan atau kegiatan keluarga.

    Nah, itulah beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum renovasi rumah. Dengan menerapkan tips diatas Anda jadi mengetahui berapa estimasi budget, bahan material yang harus disiapkan, hal ini juga bertujuan agar proses dan hasil renovasi rumah berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal. 

    5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Renovasi Rumah

    Tidak Mempertimbangkan Anggaran

    Pastikan untuk mempertimbangkan anggaran renovasi rumah dengan matang dan realistis. Hindari melebih-lebihkan anggaran dan catat semua kebutuhan renovasi rumah

    Tidak Mempertimbangkan Material

    Pastikan untuk mempertimbangkan material yang akan digunakan dalam renovasi rumah. Pilihlah material yang berkualitas dan tahan lama untuk memastikan hasil renovasi rumah yang baik dan tahan lama

    Tidak Menggunakan Jasa Profesional

    Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam renovasi rumah, hindari untuk melakukan renovasi sendiri. Pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional untuk memastikan hasil yang maksimal

    Tidak Memperhatikan Aturan Renovasi

    Sebelum merenovasi rumah, pastikan untuk mengetahui aturan dalam renovasi bangunan di lingkungan tempat tinggal Anda. Hal ini termasuk luas, lebar, dan tinggi rumah, karena biasanya ada aturan tertentu yang perlu diikuti

    Baca Juga : 8 Penyebab Tembok Berjamur dan Tips Pencegahannya!

    Tidak Mempertimbangkan Faktor Keselamatan

    Pastikan untuk memperhatikan faktor keselamatan selama proses renovasi, seperti penggunaan alat pelindung diri dan tanda peringatan yang diperlukan.

    Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat menghindari kesalahan dan kerugian yang mungkin terjadi selama proses renovasi rumah. Oh iya, untuk Anda yang merencanakan renovasi rumah, salah satu bahan material yang penting Anda siapkan adalah cat dinding. 

    Tentu saat proses renovasi,  dinding rumah Anda pasti akan kotor sehingga disarankan untuk melakukan pengecatan ulang. Apalagi proses renovasi dilakukan secara total, cat tentu menjadi barang wajib yang harus disediakan. 

    Nah, agar hasil renovasi dan pengecatan rumah terlihat maksimal, Anda bisa gunakan produk cat dari PaintPro solusi terbaik untuk dinding rumah Anda. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia yang memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk Paintpro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dan kandungan vocnya juga rendah.

    Tanya #PalingPro