Makin Luas Dengan 12 Kombinasi Warna Cat Untuk Dapur Sempit Ini!

    29 Mei 2024

    Seperti yang Anda ketahui, dapur merupakan tempat yang biasa digunakan untuk menyiapkan hidangan maupun berkumpul untuk makan bersama. Selain bersih,  menggunakan kombinasi warna cat dapur sempit juga penting diketahui agar Anda merasa lebih nyaman saat melakukan aktivitas dapur.

    Banyaknya perabotan dan alat-alat masak yang digunakan kadang bisa membuat dapur terasa sumpek, apalagi ukuran dapur rumah Anda memang tidak terlalu luas. Namun jangan khawatir, melalui artikel ini PaintPro akan memberikan tips warna cat yang tepat untuk dapur agar terasa terasa lebih luas dan nyaman.

    Baca Juga : 7 Penyebab dan Cara Mengecat Plafon Rumah yang Berjamur

    Psikologi Warna dan Dampaknya pada Dapur

    Sebelum membahas pilihan kombinasi warna, ada baiknya Anda juga memahami bagaimana psikologi warna mempengaruhi persepsi terhadap ruangan.  Secara umum, warna-warna terang seperti putih, krem, dan biru muda mampu menciptakan kesan luas dan lapang. Sebaliknya, warna-warna gelap seperti hitam, coklat tua, dan merah marun cenderung membuat ruangan terasa sempit dan sumpek. 

    12 Kombinasi Warna Cat untuk Dapur Sempit

    Putih Untuk Menambah Kesan Klasik

    Pertama ada warna putih, warna ini dari dulu memang cocok digunakan untuk ruangan apa saja. Salah satu keunggulan warna putih adalah dapat memantulkan cahaya dengan baik, sehingga membuat ruangan terasa lebih lega dan bersih. 

    Jika tertarik, Anda bisa menggunakan warna putih pada seluruh dinding dapur, kemudian padukan dengan kitchen set berwarna pastel atau kayu muda untuk menambah kesan kehangatan.

    Baca Juga : Dijamin Lebih Cepat Begini Cara Meghilangkan Bekas Minyak Di Tembok Rumah

    Krem Untuk Menambah Kesan Elegan

    Jika dibandingkan dengan warna cat putih, salah satu keunggulan warna krem adalah dikenal lebih lembut dan tidak mudah kotor. Warna ini cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan dapur agar terasa lebih luas namun tetap memperlihatkan kesan elegan.  

    Jika Anda ingin membuat dapur Anda terasa lebih modern, kombinasikan kitchen set berwarna putih atau coklat muda. Namun, karena dapur rentan terhadap kelembaban, pastikan sebelum mengaplikasi warna cat ini, Anda menggunakan cat interior berkualitas yang memang didesain khusus agar tahan terhadap kelembaban

    Biru Muda Untuk Kesan yang Menyenangkan

    Kemudian ada warna biru muda, salah satu jenis warna cat yang paling difavoritkan karena dapat menciptakan kesan tenang dan menyenangkan. Keunggulannya tersebutlah yang membuat warna ini cocok digunakan pada dapur, efek tenang yang ditimbulkan bisa membuat Anda semakin fokus untuk membuat hidangan yang lebih lezat.

    Untuk menghindari kesan dingin, Anda bisa memadukan warna cat biru muda dengan kitchen set berwarna putih atau krem. Bisa juga dengan menambahkan aksen kayu pada rak untuk menghadirkan kesan yang lebih alami dan natural.

    Baca Juga : 15 Ide Cat Warna Ruang Tamu Minimalis, Dijamin Bikin Nyaman!

    Hijau Mint Untuk Sentuhan yang Lebih Segar

    Sebenarnya jika penghuni rumah  dirumah Anda tidak terlalu banyak, dapur dengan ukuran minimalis sudah bisa digunakan. Namun, jika Anda tetap ingin menciptakan ruang memasak  yang luas tanpa harus melakukan renovasi, Anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna cat yang tepat.

    Nah, salah satu jenis warna cat yang bisa Anda gunakan adalah hijau mint, selain membuat dapur terasa luar, warna ini juga dikenal bisa menciptakan suasana yang segar. Lebih lanjut, untuk membuat ruang memasak terlihat menarik, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna putih atau abu-abu muda. Sebagai aksen, tambahkan tanaman hias kecil yang diletakkan di dekat jendela atau rak gantung.

    Hijau dan Coklat Kayu Untuk Kesan yang Lebih Alami

    Jika Anda tipikal orang yang menyukai ruangan dengan nuansa alami, kombinasikan warna hijau dan coklat kayu pada dapur. Salah satu keunggulan warna ini adalah bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk,  jadi cocok banget untuk Anda yang tinggal di daerah dengan iklim yang cukup panas.

    Untuk meningkatkan kesan alami pada dapur, Anda bisa menambahkan kursi dan meja kayu dan menempatkan beberapa tanaman kecil di sudut dapur. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan produk cat interior dari PaintPro untuk menghasilkan warna yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

    Baca Juga : Bisa Jadi Inspirasi, 8 Tips Menata Ruangan Sempit Agar Terlihat Luas dan Nyaman!

    Kombinasi Putih dan Abu-abu Untuk Kesan Elegan

    Ada beberapa alasan mengapa kombinasi warna ini cocok digunakan untuk dapur sempit. Pertama, memiliki sifat reflektif yang dapat memantulkan cahaya dari luar dengan baik. Hal ini tentu bisa membuat dapur Anda terlihat lebih terang dan luas

    Selain itu, warna putih juga dikenal dapat menciptakan kesan clean, sehingga dapur jadi terlihat bersih sepanjang hari. Namun perlu diingat, dibandingkan dengan jenis warna cat yang lain, warna putih dikenal paling mudah kotor, jadi  Anda harus sering-sering melakukan pembersihan di area dapur.

    Warna Cat Hijau Stabilo Untuk Kesan yang Menyegarkan

    Siapa coba yang tidak suka dengan ruangan yang didesain menggunakan warna cat keren seperti ini. Apalagi ruangan tersebut sering Anda gunakan sebagai area memasak dan makan bersama keluarga. Selain bisa menghadirkan nuansa alami, warna hijau stabilo juga bisa membuat suasana di ruang dapur Anda terasa lebih menyegarkan.

    Anda bisa mengaplikasikan warna cat stabilo ke seluruh permukaan dinding, kemudian dikombinasikan dengan warna putih pada bagian pintu maupun jendela yang ada di dapur. Warna ini semakin terasa segar jika lantai dapur Anda terbuat dari marmer atau keramik.

    Baca Juga : 10 Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-Abu Tampak Depan

    Warna Cat Lavender Untuk Kesan Romantis

    Bagi Anda yang menginginkan kesan romantis, salah satu jenis warna yang bisa dipilih adalah lavender. Warna ini cocok untuk dapur mungil yang didesain dengan gaya vintage atau shabby chic untuk menciptakan ruangan jadi lebih luas.

    Kesan romantis yang dihadirkan dari warna lavender ini cocok banget digunakan oleh keluarga muda seperti Anda. Untuk membuat dapur terlihat lebih luas, gunakan warna lavender pada aksen dinding, misalnya pada backsplash atau sebagian kecil dinding. Padukan dengan kitchen set berwarna putih atau krem.

    Warna Cat Kuning Untuk Kesan yang Menyenangkan

    Ingin menghadirkan suasana yang ceria di dapur Anda, warna cat kuning bisa menjadi solusi terbaik yang bisa di aplikasikan. Warna ini sering digunakan karena bisa menghadirkan suasana yang menyenangkan.

    Ada beberapa tipe warna cat kuning yang bisa Anda aplikasikan pada dapur, misalnya kuning soft, seperti kuning pastel atau cream yellow, kombinasikan dengan kitchen set berwarna putih atau abu-abu muda untuk menghindari kesan yang terlalu ramai.

    Baca Juga : Begini Cara Mengecat Lantai Plesteran Rumah Khusus Buat Pemula

    Warna Cat Biru Laut Untuk Kesan yang Menenangkan

    Apa yang pertama Anda lihat ketika melihat warna biru, pasti suasana pantai yang tenang dan damai bukan. Warna ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dapur sempit agar terlihat luas dan nyaman. Meskipun ada berbagai tipe warna biru yang bisa digunakan, cat warna biru dinilai paling efektif digunakan untuk dapur.

    Anda bisa menggunakan warna cat biru laut ke seluruh permukaan dinding, kemudian padukan dengan kitchen set berwarna putih atau krem. Sebagai aksen, tambahkan hiasan dinding bertema bahari, ini bertujuan untuk memperkuat kesan tenang.

    Kombinasi Warna Cat Putih dan Coklat Untuk Kesan Klasik 

    Perpaduan warna klasik yang tak lekang waktu ini bisa Anda aplikasikan untuk dapur dengan ukuran yang sempit. Putih pada dinding akan menciptakan ruangan terasa lebih luas, sementara coklat bisa menghadirkan kesan natural dan hangat. Untuk warna coklat sendiri bisa Anda ambil dari kitchen set atau furniture yang digunakan. 

    Salah satu tips untuk mengaplikasikan kombinasi warna ini, Anda bisa menambahkan aksen tanaman hias atau hiasan dinding berwarna hijau atau kuning untuk menambah kesan segar. Kemudian, jangan sampai salah pilih merk cat, pilih produk cat terbaik agar bisa memberikan hasil yang memuaskan.

    Baca Juga : Agar Tidak Salah Gunakan, Begini Perbedaan Cat Interior dan Eksterior Rumah

    Warna Cat Skandinavia yang Minimalis

    Gaya Skandinavia identik dengan penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam. Kombinasi ini cocok untuk Anda yang menyukai desain minimalis namun tetap fungsional. 

    Gunakan warna putih pada sebagian besar dinding dapur, dipadukan dengan kitchen set berwarna abu-abu muda. Sentuhan warna hitam bisa dihadirkan melalui countertop, peralatan dapur, atau lampu gantung, hal ini bertujuan untuk membuat ruang dapur Anda terasa lebih luas.
    Nah, itulah beberapa kombinasi warna cat dapur sempit yang bisa Anda gunakan. Pilihlah jenis warna yang sesuai dengan gaya dan preferensi yang sesuai dengan Anda. Jangan lupa, pastikan Anda mengaplikasikan cat dengan baik dan teliti, juga gunakan produk cat interior berkualitas tinggi  untuk menghasilkan warna yang lebih cerah dan tahan lama.

    Tanya #PalingPro