6 Cara Agar Cat Tembok yang Baru Diaplikasikan Cepat Kering!

    04 Maret 2024

    cara agar cat tembok cepat kering

    Cat tembok adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah, selain berfungsi untuk membuat bangunan lebih indah dan menarik, penggunaan cat juga berfungsi untuk melindungi struktur atau permukaan tembok dari kelembaban yang berpotensi memicu pertumbuhan jamur

    Namun, proses pengeringan cat tembok yang lama dapat menjadi hambatan bagi pemilik rumah yang ingin segera menempati rumah dengan cepat, lalu kira-kira apa sih penyebabnya? Sebenarnya, ada banyak variabel yang menyebabkan mengapa cat yang diaplikasikan tidak kunjung kering.

    Misalnya karena faktor cuaca, faktor lingkungan, penggunaan cat yang kurang berkualitas hingga cara pengaplikasian cat yang kurang tepat. Nah, untuk lebih lengkapnya, melalui artikel ini PaintPro akan membagikan tips agar cat tembok yang baru diaplikasikan cepat kering. 

    Baca Juga : Berikut Cara Membuat Rumah Adem dan Nyaman Sepanjang Hari!

    Penyebab Cat yang Diaplikasikan Tidak Kunjung Kering

    Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat cat yang baru diaplikasikan cepat kering, alangkah baiknya Anda juga harus mengetahuinya lebih jelas, faktor apa saja yang membuat cat susah kering. 

    Faktor cuaca

    Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat memperlambat proses pengeringan cat. Sebagai informasi suhu yang  ideal untuk pengeringan cat adalah antara 20°C – 30°C. Kelembaban yang tinggi juga dapat memperlambat proses penguapan air dari cat, sehingga proses pengeringan cat menjadi lebih lama. Kelembaban ideal untuk pengeringan cat adalah di bawah 60%.

    Angin kencang dapat mempercepat proses penguapan air dari cat, sehingga cat mudah kering sebelum waktunya. Hal ini dapat menyebabkan cat tidak menempel dengan sempurna pada permukaan dan mudah mengelupas.

    Penggunaan Cat yang Kurang Tepat

    Penggunaan jenis cat tidak tepat juga bisa menyebabkan proses pengeringan lebih lama, misanya, jika Anda menggunakan cat interior pada bagian exterior atau sebaliknya. Kemudian kualitas cat yang digunakan juga berpengaruh, produk cat berkualitas tinggi seperti PaintPro, umumnya lebih cepat kering dari pada cat dengan kualitas yang rendah.

    Ketebalan Cat

    Cat yang diaplikasikan terlalu tebal membutuhkan waktu lebih lama untuk kering daripada cat yang diaplikasikan tipis. Selain, membuat proses pengeringan cat jadi lebih lama, pengaplikasian cat yang terlalu tebal juga membuat Anda lebih boros. Anda dapat menggunakan alat pengukur ketebalan cat (coating thickness gauge) untuk memastikan ketebalan cat sesuai dengan yang direkomendasikan.

    Faktor permukaan Dinding

    Permukaan yang tidak porus, seperti logam, plastik, dan kaca, membutuhkan waktu lebih lama untuk kering daripada permukaan yang porus, seperti kayu dan drywall.

    Selain itu, kondisi dinding yang kotor, berminyak, atau basah juga dapat memperlambat proses pengeringan cat.

    Baca Juga : 10 Desain Kamar Minimalis Trend yang Bisa Anda Coba!

    6 Cara Agar Cat Tembok yang Baru Diaplikasikan Cepat Kering!

    Gunakan Produk Cat yang Berkualitas

    Salah satu kesalahan yang sering dianggap sepele saat melakukan pengecatan adalah sembarangan menggunakan produk cat. Sebagai contoh, tergiur menggunakan produk cat yang murah tanpa melihat kualitasnya. Sehingga tak jarang, hasil cat yang diaplikasikan juga menjadi terlihat kurang maksimal.

    Jadi, agar hasil cat yang Anda aplikasikan cepat kering dengan memberikan hasil yang menarik,  gunakan produk cat berkualitas yang memang sudah banyak digunakan, misalnya PaintPro.

    Siapakan Permukaan Dinding Dengan Baik

    Bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran dan noda lainnya menggunakan sikat, lap lembut atau vakum. Pastikan semua kotoran benar-benar bersih. Kemudian, periksa perukaan dinding apakah ada yang retak atau berlubang, jika ada segera tambal menggunakan semen dan tunggu sampai kering.

    Jangan lupa amplas permukaan dinding menggunakan kertas amplas yang halus. Hal ini bertujuan untuk meratakan permukaan dan memberikan daya rekat yang baik bagi cat.

    Pilih Waktu yang Tepat Untuk Mengecat

    Meski kedengaran sepele, pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan pengecatan merupakan hal yang penting untuk membuat cat yang diaplikasikan cepat kering dengan hasil yang maksimal. Misalnya, Anda bisa memulainya di waktu pagi atau sore hari, karena di waktu tersebut matahari tidak terlalu terik sehingga hasil warna cat yang diaplikasikan pun jauh lebih menarik.

    Nah, yang perlu Anda ketahui adalah hindari mengaplikasikan cat saat musim hujan, karena bisa membuat proses pengeringan  jadi lebih lambat. Selain itu, hasil cat yang diaplikasikan juga akan kurang maksimal karena adanya biasanya air yang menempel pada permukaan dinding.

    Gunakan Alat dan Teknik Pengecatan yang Tepat

    Pilih rol cat yang dirancang khusus untuk mengaplikasikan cat dengan cepat dan merata. Rol cat berbulu pendek biasanya lebih efisien untuk menyebar dan mempercepat proses pengeringan cat.  

    Kemudian hindari mengaplikasikan cat dengan lapisan yang terlalu tebal. Gunakan teknik yang disebut “cutting in” untuk menerapkan cat dengan lapisan tipis terlebih dahulu di area pinggiran hingga ke sudut ruangan, kemudian lanjutkan dengan mengisi bagian tengah dinding.

    Baca Juga : Penting Begini Penyebab Dinding Rumah Rembes dan Cara Mengatasinya!

    Manfaatkan Ventilasi Rumah Anda

    Jika dinding yang Anda cat posisinya di dalam ruangan, manfaatkan ventilasi rumah untuk membantu proses pengeringan. Misalnya dengan membuka semua jendela, pintu hingga kaca untuk membantu udara dan cahaya masuk kedalam ruangan.

    Dengan adanya ventilasi yang baik, proses pengeringan dapat berjalan lebih efisien dan efektif untuk mengurangi kadar air pada cat yang bagus untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme, jamur atau bakteri.

    Dengan memilih cat tembok berkualitas tinggi, menyiapkan permukaan dengan baik, memilih waktu yang tepat, menggunakan alat dan teknik yang tepat, mempercepat pengeringan dengan bantuan kipas atau sirkulasi udara, serta menghindari sentuhan atau paparan yang berlebihan, Anda dapat menyelesaikan proyek cat tembok dengan lebih cepat dan efisien.

    Nah, buat Anda yang ingin mengupgrade warna cat dinding namun bingung untuk memilih dan menggunakan produk cat yang cepat kering, Anda bisa menggunakan cat PaintPro. Cat yang didesain khusus agar lebih mudah diaplikasikan dengan hasil yang halus, warna cerah dan tahan lama, waktu pengeringan cat PaintPro juga hanya 15 menit, jadi recomended untuk Anda yang ingin cepat tanpa meninggalkan kualitas.

    Tanya #PalingPro