15 Ide Warna Cat Tembok Luar Rumah yang Sejuk, Cocok Untuk Daerah Panas!

    28 Mei 2024

    Sebagai negara tropis, hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki iklim yang cukup panas. Iklim panas membuat penghuni rumah tidak nyaman, namun tahukah Anda, selain menciptakan lingkungan hijau, memaksimalkan ventilasi dan memilih warna cat tembok luar rumah yang sejuk juga efektif meminimalisir sumber panas.

    Tinggal di daerah beriklim panas tentu mengharuskan Anda untuk memutar otak bagaimana caranya menciptakan suasana sejuk dan nyaman di dalam rumah? Nah, berikut PaintPro akan memberikan 15 ide warna cat tembok terlaris yang bisa menghasilkan kesan sejuk. 

    Baca Juga : Untuk Hasil yang Lebih Maksimal, Begini Cara Mengecat Rumah!

    15 Ide Warna Cat Tembok Luar Rumah

    Warna Cat Putih

    Warna putih salah satu warna klasik yang masih tetap populer digunakan untuk eksterior rumah. Warna ini efektif memantulkan panas matahari sehingga membantu menyejukkan bagian dalam rumah. Selain itu, warna putih juga membuat tampilan rumah terlihat lebih luas dan bersih.

    Meskipun memiliki keunggulan, untuk Anda yang ingin mengaplikasikan warna putih pada tembok luar, warna ini cenderung lebih mudah kotor. Anda harus rajin membersihkan bagian tembok agar warna yang dihasilkan tetap cerah.

    Warna Cat Krem

     Jika Anda merasa warna putih terlalu plain, krem bisa menjadi pilihan yang tepat.  Krem menawarkan kesan hangat dan natural tapi tetap memberi efek sejuk pada eksterior rumah. Warna krem juga mudah dipadukan dengan berbagai warna dan bentuk desain rumah.

    Warnanya yang hampir mendekati dengan keemas-emasan ini, tentu bisa membuat tembok luar rumah Anda terlihat mewah dan elegan. Jika Anda bisa mengkombinasikan warna lain dengan warna ini, tembok luar rumah Anda tentu akan terlihat lebih menarik dan adem.

    Baca Juga : 6 Cara mengecat lantai plesteran rumah untuk khusus pemula!

    Warna Cat Coklat Muda

    Coklat muda memberikan kesan natural dan elegan pada eksterior rumah. Selain itu, warna ini juga efektif menyerap panas sehingga membuat bagian dalam rumah terasa lebih sejuk. Anda bisa memilih tone warna coklat muda yang keabu-abuan untuk kesan yang lebih modern.

    Untuk membuat warna terlihat lebih menarik, Anda bisa memadukannya dengan warna-warna cerah lainnya seperti putih, krem, kuning, biru muda, atau hijau muda. Warna-warna ini akan membuat ruangan terasa lebih segar dan terbuka.

    Warna Cat Abu-Abu Muda

    Abu-abu muda menawarkan kesan minimalis dan modern namun tetap memberi efek sejuk pada eksterior rumah. Warna ini cocok dipadukan dengan warna putih atau krem untuk menciptakan kesan elegan dan luas.

    Warna abu-abu muda juga dikenal dapat memantulkan sinar matahari dengan lebih baik dibandingkan warna-warna yang lebih gelap. Hal ini dapat membantu menjaga suhu ruangan di dalam rumah tetap sejuk, terutama saat musim panas.

    Baca Juga : 7 Perbedaan Cat Interior dan Exterior Rumah, Cek Disini!

    Warna Cat Biru Laut

    Biru laut identik dengan suasana air dan langit yang luas, sehingga tak heran warna ini memberikan efek sejuk dan menenangkan. Pilihlah tone warna biru laut yang tidak terlalu gelap agar eksterior rumah tidak terlihat suram.

    Warna biru juga dianggap bisa membuat suasana rumah terlihat teduh, terang dan damai. Sehingga cocok untuk Anda yang tinggal didaerah dengan iklim yang cukup panas. Namun, sebelum mengaplikasikan cat, pastikan Anda memilih produk cat yang berkualitas tinggi, agar warna yang dihasilkan lebih cerah dan tahan lama.

    Warna Cat Tosca

    Warna tosca merupakan perpaduan antara biru dan hijau, warna ini semakin populer karena dapat menciptakan suasana sejuk dan tenang pada eksterior rumah. Ada dua tipe warna tosca yang dikenal biasa membuat suasana rumah menjadi sejuk, tosca terang untuk kesan ceria dan tosca gelap untuk menawarkan kesan elegan.

    Sebagai informasi, nuansa biru pada warna tosca memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Jadi selain bisa membuat hunian terlihat lebih menarik, tosca juga bagus untuk kesehatan.

    Baca Juga : 10 Penyebab Cat Tembok Rumah Mengelupas dan Cara Mencegahnya

    Warna Cat Hijau Sage

    Untuk rumah di daerah beriklim panas, hijau sage adalah pilihan yang baik karena warna ini dapat memantulkan sinar matahari dan membantu menjaga suhu rumah tetap sejuk. Selain itu, warna ini juga dapat berpadu dengan baik dengan berbagai material seperti batu, kayu, dan tanaman yang digunakan disekitar rumah.

    Hijau sage akhir-akhir ini semakin digemari untuk eksterior rumah. Warna hijau yang lembut ini memberikan kesan natural dan damai, sekaligus membuat eksterior rumah terlihat segar dan sejuk.

    Warna Cat Hijau Emerald

    Warna cat hijau emerald adalah salah satu warna hijau yang terinspirasi dari warna batu permata emerald, warna ini terkenal memiliki kilauan dan keindahan yang alami. Hijau emerald memiliki karakteristik warna hijau yang dalam, kaya, dan penuh, dengan sentuhan kebiruan yang memberikan kesan mewah dan elegan.

    Bagi yang berani tampil beda, hijau emerald bisa menjadi pilihan yang bisa Anda coba. Warna hijau yang tegas ini memberikan kesan elegan nan mewah. Selain itu, warna ini juga efektif membuat tampilan rumah terlihat sejuk.

    Baca Juga : 12 Rekomendasi warna cat rumah yang sederhana tapi mewah!

    Warna Cat Kuning Pucat

    Iklim dan cuaca disekitar rumah juga mempengaruhi persepsi sejuk atau panas. Di daerah yang panas dan lembab, warna-warna terang seperti kuning pucat bisa membantu memantulkan panas dan menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk.

    Memang warna ini agak jarang digunakan untuk eksterior rumah, padahal warna ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Kuning pucat memberikan kesan sejuk, tenang, sekaligus ceria, sehingga cocok untuk menciptakan suasana yang segar dan optimis di eksterior rumah.

    Warna Cat Biru Muda

    Biru muda dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terbuka. Hal ini karena warna-warna cerah dikenal ampuh memantulkan cahaya dengan baik, sehingga ruangan terasa lebih lapang. Cocok untuk ruangan kecil atau ruangan dengan pencahayaan minim.

    Biru muda juga identik dengan suasana langit yang cerah dan luas, yang dapat memberikan efek sejuk dan menenangkan. Namun, pastikan Anda memilih tone warna biru muda yang tidak terlalu mencolok agar eksterior rumah tetap terlihat elegan.

    Baca Juga : Praktis, Begini Cara Mengatasi Cat Tembok Menggelembung!

    Warna Cat Ungu Muda

    Warna cat ungu muda salah satu jenis warna yang mudah dipadukan dengan berbagai warna lain, baik warna cerah maupun warna netral. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk berbagai gaya dekorasi.

    Ungu muda jarang terpikirkan sebagai warna cat tembok luar rumah. Namun, warna ini bisa menjadi pilihan yang unik dan menarik. Ungu muda memberikan kesan elegan dan modern, sekaligus memberi efek sejuk dan menenangkan pada eksterior rumah.

    Warna Cat Orange

    Warna cat orange menawarkan kesan hangat dan cerah, sekaligus bisa membuat eksterior rumah terlihat ceria dan unik. Warna ini cocok dipadukan dengan warna putih atau krem untuk menciptakan kontras yang menarik.

    Selain itu, warna cat orange juga memiliki efek yang bisa menciptakan membuatnya terasa lebih nyaman dan mengundang. Jadis selain cocok digunakan pada tembok luar rumah, warna ini juga menarik digunakan di kamar tidur, ruang tamu hingga ruang untuk bermain anak-anak.

    Baca Juga : Penyebab Tembok Lembab & Cara Mengatasinya Terbukti Efektif

    Warna Cat Taupe

    Mungkin bagi Anda yang masih pemula, warna taupe memang masih terdengar asing. Nah, warna ini sebenarnya merupakan perpaduan antara coklat dan abu-abu. Warna taupe wajib masuk list cat tembok bagian terlihat elegan, mewah dan sejuk. 

    Jika Anda tertarik menggunakan warna taupe untuk pelapis tembok luar rumah, pastikan mengaplikasikannya dengan baik dan benar. Gunakan produk cat berkualitas tinggi untuk menghasilkan warna yang lebih cerah dan tahan lama.

    Warna Cat Lavender

    Ternyata bukan cuma cantik saja, warna lavender juga sangat cocok digunakan untuk tembok luar rumah. Warna cat lavender dikenal memiliki efek yang menenangkan, sehingga siapapun yang melihat rumah Anda akan merasa terkesima.

    Kemudian warna lavender juga mudah dipadukan dengan warna lain. Mau dipadukan dengan warna putih, abu-abu, atau coklat, semua cocok! Jadi, Anda bebas berkreasi dengan warna-warna lain di bagian trim, pintu, tembok luar atau jendela rumah.

    Baca Juga : Mengenal Fungsi Cat Dasar Untuk Permukaan Dinding Rumah Anda

    Warna Cat Pastel

    Beberapa jenis warna pastel dikenal dapat memberikan efek menenangkan dan damai saat melihatnya. Meskipun warna ini identik dengan gaya vintage dan shabby chic. Bukan berarti warna ini ketinggalan zaman. Justru, warna pastel bisa memberikan sentuhan unik dan stylish pada eksterior rumah Anda,

    Jadi jika Anda menginginkan tembok luar agar terlihat sejuk, warna cat pastel bisa Anda pertimbangkan. Namun jangan lupa, untuk menghasilkan warna yang sesuai pastikan memilih produk dan tipe cat yang tepat. Ada dua tipe cat yang biasa digunakan untuk rumah, cat interior dan cat exterior, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Tips Memilih Warna Cat Tembok Luar Rumah

    Perhatikan Gaya Arsitektur Rumah

    Sebelum mewarnai, kenali dulu bagaimana gaya arsitektur rumah Anda. Rumah minimalis cocok dengan warna netral seperti putih, abu-abu, atau krem. Gaya modern bisa dipadukan dengan warna cerah seperti kuning, biru, atau hijau. Sedangkan rumah klasik, cocok dengan warna-warna earthy seperti coklat, terakota, atau beige. Jadi tidak semua tipe rumah cocok menggunakan semua warna cat.

    Baca Juga : Tips Menata Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas dan Nyaman

    Lirik Sekitar Rumah Anda 

    Cara yang keuda, coba perhatikan rumah yang ada disekitar Anda. Perhatikan keserasian warna cat dengan lingkungan sekitar. Hindari warna yang terlalu mencolok agar tidak terlihat norak.

    Pertimbangkan Iklim

    Jika lingkungan tempat tinggal Anda memiliki iklim yang cukup panas, sebisa mungkin  hindari menggunakan warna gelap seperti hitam atau coklat tua. Hal ini karena jenis warna ini dikenal lebih cepat menyerap panas yang dapat membuat rumah terasa lebih panas. 

    Baca Juga : 10 Ide Desain Kamar Minimalis yang Lagi Trend!

    Manfaatkan Sampel Warna

    Jangan langsung beli cat satu kaleng! Belilah sampel warna terlebih dahulu dan coba aplikasikan pada sebagian kecil dinding rumah. Lihat bagaimana warna tersebut terlihat di bawah sinar matahari dan di malam hari.

    Konsultasi dengan Ahli

    Jika Anda bingung menentukan warna cat yang nantinya akan digunakan. Jangan ragu untuk konsultasi langsung dengan arsitek atau desainer interior. Mereka tentu bisa memberikan saran dan membantu memilih warna yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu.

    Baca Juga : 10 Rekomendasi Warna Teras Rumah Klasik Nan Mewah

    Gunakan Produk Cat yang Tepat

    Terakhir, pastikan produk cat yang Anda gunakan sesuai, untuk tembok luar sendiri Anda bisa menggunakan cat waterproofing dari PaintPro. Nah, untuk Anda yang membutuhkan produk cat berkualitas tinggi, PaintPro bisa menjadi solusi yang tepat untuk tembok luar rumah.

    Cat PaintPro memiliki banyak keunggulan, seperti proses pengeringan yang lebih cepat, tahan terhadap cuaca, kedap air, tahan retak, anti alkali dan masih banyak lagi. Untuk info harga dan pemesanan bisa langsung menghubungi PaintPro melalui nomor telepon atau email di bawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih!

    Tanya #PalingPro