Panduan Praktis Memilih Cat Kusen Rumah yang Tepat

    31 Oktober 2023

    Selain penting menentukan warna cat tembok rumah, Anda juga tidak boleh menganggap sepele dengan pemilihan warna untuk bagian kusen rumah Anda. Warna cat kusen rumah tidak boleh dipilih sembarangan, karena dapat mempengaruhi tampilan luar rumah Anda. Dengan banyaknya pilihan warna dan nuansa yang tersedia, Anda mungkin merasa bingung tentang warna yang cocok dengan gaya dan estetika rumah Anda. 

    Nah, melalui artikel ini, PaintPro akan membahas tips praktis yang akan membantu Anda untuk menentukan warna yang tepat untuk kusen rumah. Temukan bagaimana memilih warna cat kusen yang akan meningkatkan daya tarik visual rumah Anda, menciptakan kesan yang berbeda, dan memberikan nuansa yang Anda inginkan.

    Namun, sebelum masuk ke pembahasan utama ada baiknya Anda juga harus mengetahui apa itu kusen dan fungsinya untuk rumah.

    Apa Itu Kusen dan Fungsinya Untuk Rumah?

    Kusen merupakan bagian terpenting pada rumah yang berfungsi sebagai bingkai atau kerangka untuk jendela dan pintu yang ada pada dinding rumah. Kusen sendiri biasanya terbuat dari bahan kayu, aluminium, PVC atau dari baja. Walaupun memiliki bahan yang berbeda, fungsinya tetap sama yaitu untuk menopang jendela atau pintu, pemilihan bahan juga tergantung selera maupun anggaran dari pemilik rumah tersebut. 

    Selain berfungsi untuk menopang jendela dan pintu, kusen juga memiliki peran penting untuk beberapa aspek rumah, seperti;

    • Membantu mengisolasi rumah dari perubahan suhu dan menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman.
    • Membantu mengurangi tingkat kebisingan yang masuk ke dalam rumah sehingga menciptakan lingkungan yang lebih tenang.
    • Desain dan bntuk kusen juga mempengaruhi tampilan keseluruhan bagungan, menciptakan gaya dan estetika sesuai dengan desain rumah.

    Tips Memilih Warna Cat Kusen Rumah yang Berkualitas!

    Sesuaikan Gaya Arsitektur Rumah Dengan Warna Kusen

    Untuk meningkatkan daya tarik tampilan rumah, memilih warna kusen adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan gaya arsitektur rumah Anda. Setiap rumah memiliki karakter dan gaya uniknya sendiri, dan warna kusen yang Anda pilih harus sesuai dengan gaya tersebut.

    Gaya arsitektur rumah mencerminkan karakter dan estetika bangunan Anda. Rumah tradisional cenderung memiliki elemen-elemen klasik yang memerlukan warna kusen yang netral dan timeless. Di sisi lain, rumah modern bisa lebih berani dalam pemilihan warna, menciptakan kesan kontemporer yang lebih menarik.

    Perhatikan Material Kusen yang Digunakan

    Selain menentukan warna cat yang akan digunakan, bahan material kusen juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Karena tidak semua warna cat cocok digunakan pada bahan kusen yang berbeda. Bukannya memberikan tampilan rumah yang lebih baik, yang ada rumah Anda nantinya akan terlihat kurang menarik.

    Untuk kusen sendiri ada beberapa bahan material yang biasa digunakan, seperti bahan kayu, aluminium, bambu, besi dan bahan material lainnya. Tentunya semua bahan memiliki kecocokan warna tersendiri. Jenis cat yang digunakan juga penting untuk disesuaikan dengan bahan kusen. Misalnya cat besi untuk kusen besi, dan cat kayu untuk kusen yang menggunakan material kayu.

    Perhatikan Warna Dinding Rumah Anda

    Tips berikutnya adalah perhatikan warna yang digunakan pada elemen eksterior yang ada di rumah Anda, seperti atap, dinding dan ubin. Hindari mengaplikasikan warna cat yang sama dan senada. Pastikan juga warna cat yang akan Anda gunakan bisa selaras untuk meningkatkan visual yang lebih menarik.

    Sebaliknya, jika Anda tetap ingin menggunakan warna yang sama untuk kusen dan dinding, hal ini bisa menciptakan tampilan yang monoton dan membosankan. Rumah Anda mungkin terlihat datar dan kurang menarik secara visual.

    Dalam beberapa kasus, penggunaan warna yang sama untuk dinding dan kusen dapat membuat batas antar-ruang di dalam rumah kurang terlihat. 

    Menyesuaikan Letak Kusen

    Untuk point ini, mungkin masih banyak pemilik rumah yang tidak tahu, jika penggunaan warna cat kusen ternyata  harus disesuaikan dengan posisi atau letak dari kusen tersebut. Misalnya, jika kusen rumah Anda berada didalam ruangan, gunakan cat dengan warna yang lebih muda. Kondisi ini juga dipengaruhi karena penggunaan warna yang ada di dalam ruangan biasanya lebih variatif dan cerah, nah dengan menggabungkan warna yang lebih muda pada kusen, hal ini bisa menciptakan kontras yang lebih menarik ketika memasuki rumah Anda.

    Nah, khusus kusen yang berada diluar ruangan, karena lebih rentan terkena sinar matahari dan air hujan, gunakan warna cat yang lebih tua. Selain berfungsi untuk meningkatkan daya visual yang lebih menarik, warna yang lebih tua juga berperan untuk mencegah cat agar tidak cepat memudar.

    Pastikan Warna Kusen Selaras Dengan Perabot Rumah

    Tips yang terakhir untuk menentukan warna cat kusen rumah adalah, pastikan warna yang digunakan selaras dengan warna yang ada pada perabot rumah Anda, khususnya yang terbuat dari bahan kayu. Misalnya meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Jika ingin menggunakan warna yang berbeda, sebaiknya pilih warna yang senada atau warna yang tidak terlalu memiliki perbedaan mencolok. Kita ambil contoh, seperti warna kuning ke coklatan, atau warna merah ke warna orange.

    Berbeda dengan dinding rumah, yang mengharuskan Anda untuk menggunakan warna cat yang berbeda. Nah untuk perabotan, ingat  Anda harus menggunakan warna yang senada. Jangan sampai memilih warna cat yang bertabrakan dengan furniture atau perabot rumah. Karena bisa mempengaruhi desain rumah Anda menjadi terlihat kurang menarik. 

    Pastikan juga bahwa warna cat kusen yang Anda pilih harus sesuai dengan gaya dan referensi Anda. Dengan menerapkan beberapa tips ini, Anda pasti bisa menciptakan tampilan rumah yang lebih menarik. Nah, setelah Anda mengetahui beberapa tips memilih warna cat kusen, berikut akan dijelaskan beberapa referensi warna yang cocok digunakan untuk kusen rumah Anda.

    5 Referensi Warna Cat yang Cocok Digunakan Pada Kusen Rumah

    • Putih Bersih

    Jika Anda menginginkan tampilan rumah elegan dan klasik, Anda bisa menggunakan cat warna putih pada setiap kusen rumah. Selain cocok dikombinasikan untuk semua warna, cat warna putih juga dapat menciptakan kesan rumah yang lebih bersih.

    • Abu-Abu

    Rekomendasi warna cat kusen yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah abu-abu. Warna yang juga sangat cocok digunakan untuk semua media baik di dalam maupun luar rumah ini, dapat menciptakan nuansa rumah yang lebih santai dan nyaman.

    • Coklat Alami

    Jika Anda tidak terlalu suka dengan warna yang terlalu mencolok, warna coklat juga bisa menjadi referensi yang bisa Anda gunakan untuk kusen rumah. Warna ini juga sangat efektif untuk menyamarkan noda atau kotoran yang mungkin menempel pada kusen rumah.

    • Warna Pastel

    Salah satu jenis warna cat yang lagi trend digunakan untuk rumah adalah warna pastel. Bagi Anda yang masih kurang paham, pastel merupakan sebutan untuk jenis warna yang lebih lembut dan cenderung pudar. Anda bisa mengaplikasikan cat berwarna pastel pada kusen, untuk menciptakan ruangan yang lebih tenang dan santai.

    • Warna Biru

    Warna biru juga efektif digunakan untuk meningkatkan daya visual pada rumah Anda. Apalagi kombinasi warna yang Anda pilih warna putih, tentu hal ini bisa meningkatkan kesan rumah yang lebih elegan dan mewah. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan warna biru navy atau biru langit pada kusen, kemudian gunakan warna putih untuk dinding rumah Anda.

    Nah, itulah beberapa tips dan rekomendasi warna cat yang bisa digunakan pada kusen rumah Anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda dalam memilih warna yang tepat, sehingga tampilan rumah Anda tetap terjaga dengan baik. 

    Jika Anda membutuhkan produk cat berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari cat pelapis hingga cat anti bocor, Anda bisa gunakan produk Paintpro solusi terbaik untuk dinding rumah Anda. Cat yang diproduksi menggunakan teknologi mesin italia ini memiliki daya sebar dan tutup yang sangat tinggi dikelasnya. Produk Paintpro juga sangat ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan arsenik, amonia dengan kandungan vocnya yang sangat rendah.

    Tanya #PalingPro